SUARA INDONESIA

Peringati Hari Ibu Puluhan Siswa TK Di Jombang Adakan Sungkeman Basuh Kaki Ibu

Gono Dwi Santoso - 22 December 2022 | 14:12 - Dibaca 1.44k kali
Peristiwa Daerah Peringati Hari Ibu Puluhan Siswa TK Di Jombang Adakan Sungkeman Basuh Kaki Ibu
peringati hari ibu,TK Al Ghofar desa Rejoagung Kecamatan Ploso kabupaten Jombang di wisata wedang Ngusikan Jombang lakukan sungkeman basuh kaki ibu,Kamis (22/12/2022).

 

JOMBANG - Berbagai cara banyak dilakukan untuk memberikan edukasi agar anak berbakti kepada orang tua . Dimana di momen peringatan hari ibu, TK Al- Ghofar Desa Rejoagung kecamatan Ploso, kabupaten Jombang, mengadakan acara sungkeman basuh kaki ibu di wisata Wedang ,Dusun Tanjung, Desa Ngusikan, Kecamatan Ngusikan ,Jombang, Kamis (22/12/2022). 

Acara edukasi sungkeman basuh kaki ibu tersebut, dikemas sederhana tapi bermakna. Sebelum di mulai sungkeman ,para ibu wali murid ambil posisi duduk di kursi dan dibawahnya ada baksom air yang siap untuk di gunakan untuk mencuci kaki ibu dan anak anak duduk bersimpuh di bawahnya.

Sebelum mencuci kedua kaki ibunya, terlebih dahulu  dilakukan doa bersama dan anak-anak itu mencium tangan serta memeluk ibu dengan penuh kasih sayang. Tidak sedikit orangtua yang hadir terharu dan meneteskan air mata. 

Selanjutnya, anak-anak memegang kedua telapak kaki ibunya, dilanjutkan dengan membasuh kedua kaki sang ibu dengan air didalam baskom yang sudah disediakan . 

Sebagai wujud bakti anak kepada ibu  lucapan terima kasih terdengar dilontarkan dari mulut sang anak tangis haru pun pecah tak kalah anak anak membasuh kaki ibu dan kegiatan dilanjutkan memberikan makan ikan bersama ibu dan anak  

Ditemui saat kegiatan Yuliatin  (34 ) kepala sekolah TK Al - Ghofar Desa Rejoagung kecamatan Ploso kabupaten Jombang mengatakan acara sungkeman ini baru pertamakali diadakan dan  diikuti sebanyak 36 anak dalam acara ini.

Pada hari ibu ini, mengangkat tema " ibu malaikat tak bersayap bertelapak kaki surga " melalui kegiatan membasuh kaki ibu , dengan tujuan menambah rasa cinta kasih kita terhadap ibu yang telah merawat dan menjaga kita dari kecil hingga besar.

Yuli mengatakan, mudah mudahan dengan kegiatan ini terjalin erat rasa kekeluargaan kita terhadap keluarga dan masyarakat.Kegiatan ini baru pertama kalinya diadakan di TK kami semoga tahun depan bisa diadakan lagi, pungkasnya.

Sementara itu, Elly Rosyidah (30)  wali murid TK Al - Ghofar mengungkapkan, dirinya sangat terharu dan mendoakan anaknya semoga menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. 

Elly menambahkan, kegiatan basuh kaki orangtua sangat bermanfaat dan berpengaruh baik terhadap tumbuh kembang anak-anak. 

"Untuk  kegiatan seperti ini, semoga ditahun depan bisa di adakan lagi karena dampaknya bisa langsung dirasakan oleh anak didik ," paparnya. 

Selanjutnya, panitia acara sungkeman Hartono mengungkapkan jika kegiatan ini selain memberi pelajaran kepada anak terkait peran seorang ibu, juga mengajak anak anak agar lebih dekat sama ibundanya. 

"Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah tidak jauh berbeda, untuk menyadari anak-anak sejak kecil , semoga akan menjadi anak-anak yang selalu patuh terhadap orang tuanya,” pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV