SUARA INDONESIA

Pemilihan Ketua OSIS di SMP Pius Cilacap Digelar Layaknya Pemilu

Satria Galih Saputra - 28 January 2023 | 00:01 - Dibaca 1.99k kali
Peristiwa Daerah Pemilihan Ketua OSIS di SMP Pius Cilacap Digelar Layaknya Pemilu
Para Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Pius Cilacap Saat Debat Publik (Foto : Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP - Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Tahun 2023 yang digelar SMP Pius Cilacap berlangsung menarik, Jumat (27/1/2023).

Pasalnya, dalam pelaksanaannya terlihat seperti layaknya sebuah Pemilu pada umumnya.

Sebelum pelaksanaan pemilihan atau pencoblosan, para pasangan calon (Paslon) ini terlebih dahulu melaksanakan debat publik untuk menyampaikan visi dan misi masing-masing. 

Diketahui, ada dua pasangan calon dalam pemilihan Ketua OSIS untuk periode 2023-2024 tersebut yaitu paslon 1 Jeane Charlota Putri Sia dan Jemima Arella Gratis Simbolon. Dan paslon ke 2 Bonaventura Indra Wijaya dan Marsha Leony Christina.

"Hari ini kami laksanakan debat publik bagi calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Pius Cilacap periode 2023-2024. Dan ini salah satu bagian dari proses Pemilihan pengurus OSIS pada tahun ini," ungkap Kepala SMP Pius Cilacap, Thomas Sutasman. 

Ia menyampaikan, proses pemilihan tersebut dimulai seleksi pada bulan Desember 2022 kemarin dilanjutkan fit and proper test, kemudian wawancara dan seterusnya pada awal bulan Januari 2023.

"Lalu terpilih dua pasangan calon, setelah itu debat publik pada hari ini dan besok diakhiri dengan pemilihan atau pencoblosan Ketua dan Wakil Ketua OSIS secara langsung oleh siswa-siswi dan bapak ibu guru serta karyawan, jumlahnya ada 234 pemilih," imbuhnya. 

Lebih lanjut, dalam debat publik tersebut diwarnai dengan adu gagasan dan saling serang ide dari kedua pasangan calon (Paslon) itu. 

"Masing-masing pasangan calon ini memaparkan visi dan misi, lalu bagaimana tindaklanjutnya dan setelah penyampaian visi misi, ada hal lain yang berkaitan dengan sekolah, pendidikan, sehingga nanti bisa terkupas disini dan audience atau hadirin para siswa dan guru dapat melihat kemampuan, kompetensi serta kapasitas dari para calon ini," jelasnya. 

Adapun 3 panelis dihadirkan pihak sekolah dalam kesempatan itu dan melontarkan sejumlah pertanyaan kepada masing-masing Paslon tersebut berkaitan dengan rencana program kerja. 

"Debat publik ini dilaksanakan juga bertujuan untuk memberikan pelajaran berkaitan dengan demokrasi kepada para siswa. Tadi dari para calon saya kira sangat bagus sekali, mereka bisa ber public speaking dengan baik mengutarakan visi dan misinya," ujar Thomas. 

Kemudian, ia juga menilai program-program yang disampaikan para Paslon sangat baik dengan inisiatif baru yang tentunya akan membuat kepengurusan OSIS yang baru nantinya menjadi lebih baik dan berkembang dari kepengurusan sebelumnya. 

Ia berharap proses demokrasi pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS di SMP Pius Cilacap tersebut semakin lama semakin baik dan siapapun nanti yang terpilih, benar-benar mumpuni. 

Sementara itu, untuk pelaksanaan pemilihan atau pencoblosan akan digelar pada Sabtu (28/1/2023) pagi hingga selesai. 

"Jadi pada saat pelaksanaan pemilihan nanti itu seperti Pemilu. Nanti ada surat suara lalu pencoblosan, setelah itu diakhiri dengan penghitungan suara. Seperti Pemilu karena dulu juga pernah disimulasikan bagaimana proses Pemilu yang baik itu seperti apa," pungkas Thomas.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV