SUARA INDONESIA

Tingkat Kemiskinan di Sampang Tercatat Alami Penurunan

Hoirur Rosikin - 09 February 2023 | 19:02 - Dibaca 1.27k kali
Peristiwa Daerah Tingkat Kemiskinan di Sampang Tercatat Alami Penurunan
Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur (Foto; Rosy/SuaraIndonesia.co.id)

SAMPANG - Kemiskinan di Kabupaten Sampang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, tapi masih paling rendah di Jawa Timur, di tahun 2022 hingga awal 2023.

Berdasarkan dari data Badan Pusat Statistik BPS Kabupaten Sampang pada Kamis 09/02/2023, yang sekarang Sampang menempati di paling bawah di Kebupaten yang ada di Jawa Timur.

Menurut Wahyu Wibowo Kordinator Sosial (BPS) Sampang menjelaskan, di tahun 2022/2023 garis kemiskinan di Kabupaten Sampang mencapai 217,97 Jiwa, walau ada penurunan tapi Sampang masih di bawah termiskin di jawa timur.

"Artinya Kabupaten Sampang sendiri memang mengalami penurunan, dari tahun sebelumnya, tapi tetap masih berada paling bawa," Ucapnya.

Juga Wahyu menuturkan, untuk data masyarakat kemiskinan ektrim, Kabupaten Sampang mengalami penurunan dan tidak ada di peringkat bawah di Jawa timur.

"Kemiskinan Ektrim adalah kemiskinan yang di bilang masyarakat tidak punya apa apa dan dirinya tidak bekerja, tapi kemiskinan ektrim itu sendiri, Sampang sangat baik tidak seperti kabupaten lainnya yang ada di Jawa timur," terangnya.

Dirinya menjabarkan, terkait kemiskinan ekstrim mengalami penurunan, sedangkan kemiskinan makro dan mikro, atau total keseluruhan kemiskinan di Kabupaten Sampang masih ada di peringkat bawah di Jawa timur.

"Kemiskinan itu ada tiga Katagori, kemiskinan ektrim, kemiskinan makro, kemiskinan mikro," jelasnya.

Artinya pendataan kami itu ada tiga kata gori jenis kemiskinan. Kata gori kemiskinan ekstrim adalah kata gori kemiskinan masyarakat yang tidak punya.

Kata gori kemiskinan makro itu kategori masyarakat yang punya usaha atau lahan, tapi tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Sedangkan, kemiskinan mikro itu masyarakat yang bekerja tapi tidak punya aset atau lahan dalam memenuhi kebutuhan nya.

"Untuk keseluruhan angka kemiskinan di Kabupaten Sampang dalam penurunannya tetap di bawah Kabupaten lainnya yang ada di Jawa timur," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Hoirur Rosikin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV