SUARA INDONESIA

Pemkab Akan Gelar Cilacap Peduli Sampah Fest, DLH : Edukasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah

Satria Galih Saputra - 22 February 2023 | 10:02 - Dibaca 1.24k kali
Peristiwa Daerah Pemkab Akan Gelar Cilacap Peduli Sampah Fest, DLH : Edukasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah
Cilacap Peduli Sampah Fest (Foto : Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023, pemerintah kabupaten (Pemkab) Cilacap melalui Dinas Lingkungan Hidup setempat akan menggelar Cilacap Peduli Sampah Fest di Alun-alun Cilacap pada Minggu (26/2/2023) mendatang. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya di Cilacap agar berpartisipasi dan peduli dalam pengelolaan sampah," ungkap Kepala Bidang Pengolahan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Cilacap, Adi Setiawan kepada wartawan, Selasa (21/2/2023). 

Adapun kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan seperti talk show di salah satu stasiun radio dan penanaman ribuan pohon mangrove di pulau momongan, Jetis.

Selanjutnya, aksi bersih pantai bersama PT Pertamina (Persero) Integrated Terminal Cilacap dan Politeknik Negeri Cilacap. Kemudian gowes jelajah bersih nusantara bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Sementara itu, dalam puncak kegiatan Cilacap Peduli Sampah Fest nanti akan diramaikan dengan aksi pungut sampah di sekitar Alun-alun Cilacap di sela-sela kegiatan Car Free Day (CFD) diikuti masyarakat sekitar. 

Selain itu, penyerahan penghargaan sekolah adiwiyata dan proklim. Untuk menambah semarak suasana, kegiatan juga dimeriahkan dengan expo pameran terkait pengolahan persampahan, musik corner dan jaming. 

Dalam kesempatan itu, juga akan dilakukan pengukuhan persatuan bank sampah nusantara (Perbanusa) Kabupaten Cilacap. 

"Berkaitan dengan bank sampah, di Cilacap ada sekitar 230 bank sampah sebagai salah satu solusi dalam pengelolaan sampah dan bertujuan untuk mendorong ekonomi sirkuler," kata Adi. 

Lebih lanjut, ia menambahkan, pada tanggal 28 Januari 2023, pihaknya juga akan menggelar kegiatan Komposting Day, dimana membuat kompos sampah organik dan an-organik secara bersama-sama.

"Mudah-mudahan dengan membuat kompos itu akan mengurangi residu yang dibuang ke TPA," ujar Adi didampingi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Cilacap, Jamaludin. 

Diharapkan melalui serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang digelar Dinas Lingkungan Hidup Cilacap tersebut dapat mengedukasi masyarakat terkait dengan pengelolaan persampahan. 

"Selain itu, kita juga imbau masyarakat agar ikut berpartisipasi secara aktif dalam pengolahan sampah mulai dari kita sendiri seperti memilah sampah, menjaga lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan dan lain sebagainya," pungkas Adi. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV