SUARA INDONESIA

Bung Karna Buka Skansakti Inspex Job Fair Hybrid 2023 di Situbondo

Syamsuri - 22 March 2023 | 01:03 - Dibaca 1.38k kali
Peristiwa Daerah Bung Karna Buka Skansakti Inspex Job Fair Hybrid 2023 di Situbondo
Bupati Situbondo Saat Melakukan Pengguntingan Pita (Foto : Syamsuri/suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO - Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi membuka Skansakti Inspex Job Fair Hybrid 2023 (SMKN 1 Kendit Innovation Spectacular Exspo Job Fair Hybrid 2023) ditandai dengan pemotongan pita dan dilanjutkan dengan peninjauan stand stand yang telah disediakan oleh panitia. 

Kegiatan yang ditempatkan di Pendopo Aryo dan Alun Alun Kota Situbondo ini berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 21-22 Maret 2023 diikuti sebanyak 35 perusahaan yang terdiri dari 22 perusahaan sistem ofline, 3 perusahaan menggunakan sistem online dan 10 perusahaan menggunakan sistem lamaran jarak jauh.

Kegiatan itu terlaksana atas kerjasama antara SMPN 1 Kendit dengan Dinas Ketenakerjaan Situbondo. 

Adapun tujuan dari kegiatan itu untuk memudahkan para pencari kerja dalam mengakses kebutuhan informasi lowongan kerja, info akademi, entrepreneur agar bisa terhubung langsung dengan bursa kerja. 

Bupati Situbondo, H. Karna, Suswandi yang akrab disapa Bunga Karna dalam kesempatannya menyatakan apresiasi kepada SMKN 1 Kendit yang telah menyelenggarakan Skansakti Inspex Job Fair Hybrid di Kabupaten Situbondo.

Ia berharap, kegiatan ini bisa berlanjut dilaksanakan secara rutin setiap tahun sehingga bisa dicontoh oleh SMKN yang lain, supaya bisa menyalurkan anak didiknya ke tempat lowongan kerja yang ada,l.

Sehingga, lanjut dia, kalau sukses, kedepan diharapkan dapat meminimalisir angka pengangguran terbuka di Kabupaten Situbondo.

"Kalau kita lihat dalam data, penggangguran terbuka di Kabupaten Situbondo sudah turun, yaitu dari 3,67 persen menjadi 3,38 persen. Kita berharap pada Tahun 2023 penurunan pengangguran terbuka ini menjadi lebih dimaksimalkan lagi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Situbondo, Kholil menjelaskan, pelaksanaan Job Fair diikuti sekitar 35 perusahaan dan menyediakan sebanyak 2.200 lowongan kerja (Loker). 

"Harapannya para pencari kerja yang melamar pekerjaan bisa memiliki kompetensi yang diminta oleh perusahaan yang membuka lowongan kerja yang ada, sehingga tingkat serapannya tinggi," pintanya. 

Selesai acara Job Fair ini, pihaknya akan melakukan evaluasi berapa orang pencari kerja yang sudah memasukkan lamaran kerja. 

Nanti sebulan kemudian, Dinas Ketenagakerjaan Situbondo juga akan mensurvei ke perusahaan-perusahaan peserta Job Fair terkait berapa tenaga kerja yang bisa direkrut melalui kegiatan ini.

"Disinilah peran Dinas Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kompetensi para pencari kerja. Sehingga para pencari kerja di Kabupaten Situbondo bisa terserap oleh pasar kerja sesuai dengan keahliannya," pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV