SUARA INDONESIA

PDAM Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo Berhasil Raih Top BUMD Awards 2023

Agus Sulistya - 14 April 2023 | 09:04 - Dibaca 1.80k kali
Peristiwa Daerah PDAM Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo Berhasil Raih Top BUMD Awards 2023
Direktur PDAM Tirta Perwita Sari Kabupaten Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo saat menyampaikan sambutannya

PURWOREJO - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum PDAM Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo kembali meraih Top BUMD Awards 2023 untuk ke-5 kalinya sejak tahun 2019. Hal itu dikatakan oleh Direktur PDAM Tirta Perwita Sari saat acara ramah tamah dan silaturahmi Perumda Air Minum Tirta Perwitasari dengan media partner di Aula PDAM Kabupaten Purworejo, Jawa tengah, Kamis (13/04/2023).

Dalam sambutannya, Direktur PDAM Tirta Perwita Sari Kabupaten Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo, sampaikan, perolehan Top BUMD Awards 2023 bukan target utama. Target utama PDAM ialah memberikan pelayanan pada warga dengan sediakan air sehat dan bersih untuk keperluan masyarakat Kabupaten Purworejo.

"Karena itu kami lakukan tambahan produksi baru, pelayanan kepada warga dan mengamankan administrasi," katanya.

Selanjutnya, Wawan menjelaskan, dirinya pimpin PDAM Purworejo berawal dari mempelajari seluk beluk manajemen seperti apa, kekurangan dan kekuatan yang ada.

"Saya masuk pertama di PDAM Purworejo banyak masyarakat yang tidak dapat pasang sambungan baru, jika bisa pasang ketentuannya macam-macam dan harga mahal," ucapnya.

Wawan mengutarakan, sesudah dirinya melihat masalah itu, selanjutnya mengolahnya, kemudian ia lakukan pembaruan manajemen dan dari pengamatannya, rupanya tidak dapat memasangkan jaringan karena air kurang, dan produksi tipis.

"Karena itu saya tingkatkan produksi air dengan menggali lagi sumur yang telah ada dan membuat sumur- sumur baru lagi untuk warga di Kabupaten Purworejo," bebernya.

Dijelaskannya, dahulu warga di Kabupaten Purworejo kesusahan pasang sambungan baru, saat ini gampang jadi pelanggan PDAM Purworejo. PDAM memiliki komitmen untuk selalu mengoptimalkan pelayanan kepada warga. Setiap masyarakat di Kabupaten Purworejo memiliki hak memperoleh layanan air bersih dan air sehat.

"PDAM Purworejo buka jaringan baru di beberapa Kecamatan, seperti Kecamatan Pituruh, Kecamatan Kemiri, Kecamatan Banyuurip dan sesaat lagi di Kecamatan Butuh dan Kecamatan Grabag. Air sehat olahan PDAM Purworejo mampu membersihan virus. Disamping itu, air bersih olahan PDAM itu sanggup menghambat stunting atau nutrisi jelek untuk balita," terangnya.

PDAM komitmen terus akan memberikan pelayanan kepada warga, karena itu tidaklah aneh jika PDAM Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo berhasil menjaga gelar Top BUMD Awards selama 5 tahun berturut turut dimulai dari tahun 2019 sampai 2023.

"Semenjak tahun 2019 deviden ke Pemerintah Daerah bertambah. Deviden tahun 2018 Rp 1.655.147.520, deviden tahun 2019 Rp 1.748.974.337, deviden 2020 Rp 1.802.599.736, deviden 2021 Rp 1.854.420.131 dan deviden tahun 2022 Rp 2.197.168.228. Dari prestasi itu PDAM Purworejo, pada 5 April 2023, kembali raih penghargaan Top BUMD Awards 2023, yang diberikan di Hotel Raffles Jakarta. Top BUMD Awards 2023 diikuti total sekitar 1.056 BUMD di Indonesia terseleksi 208 BUMD," tambah Wawan.

Diketahui, tujuan Top BUMD Awards tersebut untuk meningkatkan kegiatan usaha untuk tingkatkan penghasilan dan perkuat sektor riil. Selanjutnya, tingkatkan dan fokus pada beberapa produk favorit BUMD sebagai kemampuan daerah. Selanjutnya, menggerakkan ekonomi daerah supaya memudahkan akses usaha seluas-luasnya khususnya pada pelaku usaha UMKM, ultra mikro dan usaha kecil yang lain.

"Saya berharap BUMD mempunyai produk favorit yang dikenal dan dipakai luas oleh masyarakat dan mampu memperluas jaringan. PDAM Purworejo bisa dibuktikan mampu berkembang, awalnya distribusi jaringan cuma enam kecamatan dan tahun 2023 berkembang jadi 11 kecamatan," ujarnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV