SUARA INDONESIA

dr Bima Arrynugrah Resmi Nahkodai Komunitas Pecinta Sungai Purworejo dalam Acara Halal Bihalal Jogokali Nusantara

Agus Sulistya - 06 May 2023 | 22:05 - Dibaca 1.43k kali
Peristiwa Daerah dr Bima Arrynugrah Resmi Nahkodai Komunitas Pecinta Sungai Purworejo dalam Acara Halal Bihalal Jogokali Nusantara
dr Bima Arrynugrah saat memberikan sambutan

PURWOREJO - Dalam rangka menjadikan satu visi dan misi beberapa komunitas untuk menjaga sungai, Komunitas Jogokali Nusantara menggelar kegiatan halal bihalal dan sedekah sungai bersama Bupati Purworejo Agus Bastian yang dilakukan di wahana wisata dan edukasi Playground Jogokali, Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa tengah, Sabtu (06/05/2023).

Bupati Purworejo Agus Bastian sampaikan, dirinya benar-benar mengapresiasi kegiatan sedekah sungai dalam bentuk tebar benih ikan dan penanaman pohon yang diinisiasi oleh komunitas Jogokali Nusantara.

"Ini sebagai bentuk perhatian pada kelestarian kawasan sungai, sekalian untuk mendidik warga supaya berperan aktif dalam menjaga sungai-sungai yang berada di Kabupaten Purworejo," sebut Bupati.

Selanjutnya, Bupati menambahkan, bahwa sungai sebagai sumberdaya yang penting untuk kehidupan manusia. Sungai sebagai aliran air di atas besar dan berbentuk memanjang yang mengalir dengan terus-terusan dari hulu ke arah hilir.

"Sungai jadi tempat penyalur dari mata air, penampung air hujan sekaligus pengontrol banjir, yang penting untuk sumber air baku untuk air minum, irigasi, transportasi bahkan juga pariwisata," paparnya.

Bupati mengutarakan, pemerintah Kabupaten Purworejo juga memberikan dukungan adanya tempat wisata edukasi yang diinisiasi oleh Kyai Merah untuk kesejahteraan warga Purworejo.

"Saya benar-benar mengapresiasi warga masyarakat Purworejo untuk menumbuh kembangkan pariwisata di Purworejo apapun itu. Saya melihat ini ialah wisata edukasi dan adventure, yang tumbuhkan cinta kepada alam, karena di sini diajari bagaimana menanam pohon, tanaman langka dan disediakan tempat untuk berdiskusi," ungkap Bupati.

Di kesempatan itu dipilih dr Bima yang merupakan putra dari Bupati Agus Bastian menjadi Ketua Forum Komunitas Pecinta Sungai Purworejo.

Sementara itu, KH Muh Edi Suryanto selaku owner dari Playground Jogokali mengutarakan, pemilihan dr Bima sebagai Ketua Komunitas Pecinta Sungai Purworejo itu secara spontan dilaksanakan oleh beberapa komunitas yang berada di Kabupaten Purworejo.

"Jadi fokusnya dari Komunitas Pecinta Sungai Purworejo ini untuk warga dan beberapa komunitas lebih mencintai sungai," ungkap Kyai Merah panggilan akrabnya.

Pada acara sedekah sungai itu ditandai dengan pelepasan bibit ikan di sungai Bogowonto dan penanaman pohon enau. Karena tempat lokasi yang jauh, Bupati dan rombongan mengendarai jeep, sekalian untuk coba langsung jalur off road yang berada di tempat Playground Jogokali.

Hadir pada acara itu Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Rita Purnama, Kepala Dinporapar Stefanus Aan Isa Nugroho, Kepala Dinkominfostasandi Yudhie Agung Prihatno, Danyon 412 Purworejo Letkol Inf. Budi Sanjaya Galih, tamu kehormatan dr Bima Arrynugrah MARS, Kabag Prokopim Triwahyuni Wulansari, Forkopimcam Purworejo, dan beberapa komunitas yang berada di Kabupaten Purworejo.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV