SUARA INDONESIA

Geram Atas Sikap Ragu BPN Sumenep, Warga Gersik Putih: Jangan Bodoh Dong Pak! 

Wildan Mukhlishah Sy - 24 May 2023 | 17:05 - Dibaca 1.14k kali
Peristiwa Daerah Geram Atas Sikap Ragu BPN Sumenep, Warga Gersik Putih: Jangan Bodoh Dong Pak! 
Warga Gersik Putih yang menancapkan banner terkait Perda Kawasan Lindung. Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id

SUMENEP- Warga Persik Putih, Kecamatan Gapura, Sumenep merasa geram atas sikap dari Kasi Pengendalian dan Penanganan Sengketa Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumenep Gufron, yang mencabut pernyataannya bahwa lokasi yang akan dijadikan tambak garam adalah laut. 

Menurut warga setempat, seharusnya BPN tidak bodoh, karena mau dilihat dari berbagai sudut pandang manapun, sangat jelas bahwa lahan yang menimbulkan kontroversi tersebut adalah pantai, bukan daratan. 

"Mau dilihat dari manapun ini jelas laut, bukan daratan. Jangan bodoh-bodoh banget dong pak," ujar salah seorang ibu berpakaian daster, yang turut hadir menyaksikan kunjungan BPN, Rabu (24/5/2023). 

Diketahui sebelumnya, BPN Sumenep akhirnya turun langsung untuk meninjau lokasi di Gersik Putih, yang rencananya akan dijadikan tambak garam dan reklamasi laut, Rabu (24/5/2023). 

Hal itu merupakan buntut dari permasalahan yang terjadi di wilayah setempat, berkaitan dengan penolakan warga atas pembuatan tambak garam dan reklamasi laut. 

Meski telah secara berada di lokasi, sayangnya Kasi Pengendalian dan Penanganan Sengketa BPN Kantor Sumenep Gufron, masih ragu untuk menyebutkan apakah lokasi tersebut adalah lautan atau daratan. 

Awalnya Gufron secara tegas menjawab bahwa, lokasi yang ada di hadapannya adalah lautan. Namun, setelah beberapa saat, dirinya terkesan ingin mencari aman, dengan menarik kembali pernyataan yang disampaikan.

Kemudian dia menyebut bahwa hal tersebut hanya pandangan pribadinya, karena melihat kondisi setempat yang berair. 

"Walaupun tadi saya nyebutnya (objek ber SHM) laut, memang ini berair. Tapi, tugas saya disini hanya memantau. Tidak ada statement dari saya baik secara pribadi ataupun Institusi," ucapnya. 

Dalam kunjungannya tersebut, BPN diketahui tidak memberikan langkah apapun, selain melakukan peninjauan.

Namun, pihaknya berjanji akan menyampaikan hasil pantauan nya tersebut kepada pimpinan BPN, agar segera dilakukan tindak lanjut. 

"Nanti akan kami sampaikan pada pimpinan, tugas saya disini hanya meninjau," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV