SUARA INDONESIA

Ribuan Ikan Mati Ditemukan di Sungai Glondonggede Tuban

Irqam - 28 May 2023 | 11:05 - Dibaca 1.83k kali
Peristiwa Daerah Ribuan Ikan Mati Ditemukan di Sungai Glondonggede Tuban
Warga dikagetkan dengan ribuan ikan mati di Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, (Foto: Istimewa/suaraindonesia.co.id).

TUBAN - Ribuan ikan mati ditemukan di sepanjang sungai Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, sejak beberapa hari terakhir.

Belum diketahui penyebab pasti ribuan ikan itu mati. Namun warga menduga ikan mati karena ada orang mencari ikan yang sengaja meracun ikan-ikan di sungai.

Beberapa warga mengungkapkan bahwa ikan mati sudah sejak empat hari terakhir. Selain itu, kondisi air sungai yang ada di desa tersebut terlihat keruh dan berwarna hijau setelah terdapat banyak ikan yang mati. 

"Biasanya air sungai ini jernih, tapi sekarang keruh seperti ini," ungkap Supari (59), warga setempat, Minggu (28/5/2023).

Supari mengatakan, ribuan ikan yang mati itu setelah terdapat seseorang menyusuri sungai untuk mencari ikan. 

Pencari ikan yang tidak diketahui dari mana asalnya itu memburu ikan dengan menggunakan alat setrum dan juga potas (racun ikan). 

"Ini sepertinya airnya di potas. Kemudian hanya diambil ikan-ikan yang besar saja, terus yang ikan kecil-kecil juga ikut mati tapi dibiarkan saja," katanya.

Ribuan ikan yang mati dan mengambang di air sungai ada beberapa jenis, seperti ikan mujair, wader, serta ikan sungai lainya. 

"Kalau di sungai ini banyak jenis ikannya, ada Lele dan juga Kutuk. Yang di sebelah barat biasanya banyak dijadikan tempat mancing," tambah Satim, warga setempat lainnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV