SUARA INDONESIA

Warga Desa Kandang Situbondo Sukseskan Pilkades Pergantian Antar Waktu

Syamsuri - 25 June 2023 | 16:06 - Dibaca 939 kali
Peristiwa Daerah Warga Desa Kandang Situbondo Sukseskan Pilkades Pergantian Antar Waktu
Panitia saat membacakan surat suara di hadapan para saksi Pilkades PAW di Balai Desa Kandang Kecamatan Kapongan. (Foto : Syamsuri/ Suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO, Suaraindonesia. co.id - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Kandang, Kecamatan Kapongan, Situbondo telah usai digelar pada Minggu (25/06/2023).

Sebanyak 147 perwakilan tokoh masyarakat Desa Kandang menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Kades PAW di Desa Kandang, Kecamatan Kapongan.

Dari proses pemilihan Kades PAW ini melalui tahapan proses yang cukup panjang, dan hasilnya nomor urut 2, Nur Samlati meraih suara terbanyak yakni 79 suara, sedangkan  lawannya nomor urut 1, Aryoto hanya meraih 67 suara, dan satu suara  dinyatakan tidak sah.

"Dalam pelaksanaan Pilkades PAW ini dilakukan dengan cara musyawarah yang dilakukan oleh tokoh perwakilan dari setiap dusun, dan hasilnya  dipilih sebanyak 147 orang untuk menentukan Kades PAW terpilih di Desa Kandang," jelas Ketua Panitia Pilkades PAW Deaa Kandang, Yon Sudiyono. 

Menurut Yon, pemilihan ini dilakukan kerena kades definitif sebelumnya meninggal dunia dan pada beberapa bulan kemudian langsung digantikan (PJ), sehingga untuk mengisi kekosongan pada pemerintahan Desa Kandang, maka diadakan Pilkades PAW periode 2023-2025.

Sementara Kepala DPMD, Suriyatno menambahkan setelah acara Pilkades PAW Desa Kandang Kecamatan Kapongan ini selesai, untuk tahapan berikutnya panitia agar segera melaporkan hasil pelaksanaan ini ke BPD.

"Karena dalam bulan ini di Situbondo masih ada 1 lagi yang akan melaksanakan Pilkades PAW, kemungkinan besarnya pelantikan Kades PAW ini akan  dibersamakan, tetapi ini semua masih menunggu petunjuk dari Bapak Bupati," ujarnya.

Dari jumlah pemilih Pilkades tersebut semuanya hadir ke TPS, dengan perhitungan suara sah sebanyak 146 dan suara tidak sah sebanyak 1 suara.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV