SUARA INDONESIA

Kembali Erupsi, Gunung Raung Semburkan Abu Setinggi 1.500 Meter

Muhammad Nurul Yaqin - 27 July 2022 | 21:07 - Dibaca 1.73k kali
Peristiwa Kembali Erupsi, Gunung Raung Semburkan Abu Setinggi 1.500 Meter
Gunung Raung erupsi, semburkan abu setinggi 1.500 meter. (PPGA Raung).

BANYUWANGI- Gunung Raung yang terletak di perbatasan tiga kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso dan Jember kembali erupsi, Rabu (27/7/2022).

Laporan dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Erupsi terjadi sekitar pukul 17.19 WIB.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah barat laut, yakni mengarah ke Kabupaten Jember. 

"Ketinggian erupsi 1.500 meter," kata Petugas PPGA Raung, Burhan Alethea, saat dikonfirmasi.

Burhan menyebut, awalnya PPGA Raung belum mendeteksi erupsi karena tertutup kabut dari siang hingga sore. Pihaknya menduga itu adalah hembusan.

"Namun dari relawan di Jampit, Bondowoso, mengirim foto ke kita, nah tampak disitu erupsi, terus kita sinkronkan dengan rekaman ternyata itu adalah erupsi," jelasnya.

Meski mengalami erupsi, hingga saat ini Gunung Raung masih berstatus level 1 (normal). PPGA Raung terus memantau perkembangan hingga saat ini.

"Untuk letusan tidak terasa di pos PPGA, setelah letusan kegempaannya normal seperti biasanya. Kita pantau terus sambil kita evaluasi apakah ada kenaikan aktivitas," tandasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : M Ainul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV