SUARA INDONESIA

Lagi, Banyuwangi Dilanda Kebakaran Lahan

Muhammad Nurul Yaqin - 25 October 2023 | 17:10 - Dibaca 1.17k kali
Peristiwa Lagi, Banyuwangi Dilanda Kebakaran Lahan
Petugas damkar berusaha memadamkan api yang membakar kawasan lahan di Jalan Ikan Wader Pari, Kelurahan Panderejo, Kecamatan Banyuwangi, Rabu (25/10/2023) siang. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/Suara Indonesia)

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Wilayah Banyuwangi, Jawa Timur, kembali dilanda bencana kebakaran lahan yang mengkhawatirkan. Insiden ini tak hanya sekali terjadi, melainkan sudah beberapa kali.

Terbaru, kebakaran melanda kawasan lahan kering yang dipenuhi semak belukar di Jalan Ikan Wader Pari, Kelurahan Panderejo, Kecamatan Banyuwangi, Rabu (25/10/2023) siang.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Banyuwangi yang mendapat laporan itu, langsung bergegas ke lokasi dengan membawa tiga armada pemadam.

Petugas berjibaku memadamkan api yang sudah membumbung tinggi. Api berhasil dipadamkan sekitar setengah jam kemudian. Beruntung tim damkar dengan sigap menjinakkan api dan tidak sampai merembet ke kawasan perumahan warga.

"Sebab di sekitar lokasi kejadian, antara lahan yang terbakar dan rumah warga itu sangat berdekatan. Berkat kerjasama tim, akhirnya api berhasil dipadamkan sebelum merembet," kata Asnan, Koordinator Lapangan Damkarmat Banyuwangi.

Temuan di lapangan, lanjut Asnan, api berasal dari tumpukan sampah di kawasan lahan yang diduga sengaja dibakar oleh warga dan lepas dari pengawasan. Akhirnya api merembet ke semak-semak belukar yang sudah mengering.

"Kerusakan akibat kebakaran ini hanya beberapa kabel listrik PLN. Dikarenakan posisi tiang listrik PLN tepat berada di bawah kobaran api. Untungnya segara kami tangani," ucapnya.

Damkar juga mengimbau kepada warga agar jangan membakar sampah serta membuang puntung rokok sembarangan. Dikarenakan Banyuwangi kini masih berada di penghujung kemarau.

"Ilalang dan rerumputan banyak yang kering. Ketika terkena api, akan mudah menyebabkan kebakaran. Kami meminta agar tidak membakar sampah, lebih baik ditanam saja untuk mengantisipasi kejadian kebakaran," tandas Asnan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV