SUARA INDONESIA

Bakar Sampah di Dekat Rumpun Bambu, Kakek di Banjarnegara Tersambar Api hingga Meninggal Dunia

Iwan Setiawan - 04 September 2024 | 19:09 - Dibaca 1.22k kali
Peristiwa Bakar Sampah di Dekat Rumpun Bambu, Kakek di Banjarnegara Tersambar Api hingga Meninggal Dunia
Kapolsek Mandiraja AKP Akbahrul Hamzah saat meninjau lokasi kejadian seorang kakek meninggal dunia usai membakar sampah di Desa Kebanaran. (Foto: Polsek Mandiraja untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BANJARNEGARA- Seorang kakek di Desa Kebanaran, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara, meninggal dunia setelah mengalami luka bakar serius akibat insiden pembakaran sampah di samping rumahnya.

Kejadian tragis ini terjadi pada Selasa (3/9/2024) sore sekira pukul 14:00 WIB. Korban diketahui bernama RM (66)  sedang membakar sampah di pekarangan rumah yang berdekatan dengan rumpun bambu.

Kapolsek Mandiraja AKP Akbahrul Hamzah mengatakan, berdasarkan keterangan warga setempat, api yang digunakan untuk membakar sampah diduga membesar tidak terkendali, sehingga menjalar dan membakar pakaian yang dikenakan korban.

"Korban yang sudah lanjut usia diduga kesulitan untuk menyelamatkan diri dari kobaran api yang telah menyambar sebagian tubuhnya," katanya.

Menurut keterangan beberapa saksi, kobaran api yang telah membakar korban diperkirakan mencapai kurang lebih lima meter, sehingga butuh waktu 30 menit untuk memadamkan api.

"Saat dilakukan evakuasi, diduga korban telah meninggal dunia di tempat kejadian perkara, berdasarkan keterangan tim medis, korban mengalami luka bakar hampir 90 persen di bagian tubuhnya," imbuhnya.

Kapolsek juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati membakar sampah terutama saat musim kemarau untuk mengurangi risiko kebakaran. 

"Kami mengingatkan warga untuk tidak membakar sampah sembarangan, terutama di musim kemarau dan dekat bahan mudah terbakar seperti bambu. Api dapat dengan cepat menyebar dan sulit dikendalikan dalam kondisi seperti ini karena dapat menimbulkan kebakaran," tambahnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV