SUARA INDONESIA

Peduli Pengelolaan Sampah, Ikfina Fahmawati Akan Hidupkan Kembali Bank Sampah

Imam Hairon - 02 October 2020 | 07:10 - Dibaca 1.60k kali
Politik Peduli Pengelolaan Sampah, Ikfina Fahmawati Akan Hidupkan Kembali Bank Sampah
Foto : Ikfina Fahmawati, Calon Bupati Mojokerto saat sosialisasi pengelolan sampah di Villa Omah Trawas
MOJOKERTO,- Peduli pengelolaan sampah di Kabupaten Mojokerto, Calon Bupati Ikfina Fahmawati akan hidupkan kembali bank sampah. Ini disampaikannya dalam kampanye di Villa Omah Trawas, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas Kamis Siang (1/10/2020) pukul 13.00-15.00 WIB.

"Masalah masalah yang kami hadapi antara lain molornya pengambilan sampah oleh Bank Sampah Induk (BSI) ke bank sampah unit, dukungan pemerintah desa terhadap program sampah yang masih belum maksimal, harga jual sampah anjlok, banyaknya bank sampah yg off karena Covid-19," terang Sisyantoko, fasilitator bank sampah saat kunjungan Ikfina Fahmawati.

Sisyantoko mengatakan, masalah lain selain itu juga gudang sampah belum ada, sarana transportasi pengangkutan sampah belum memadai, perlunya pinjaman modal dari bank, minimnya pengetahuan masyarakat tentang tata kelola sampah dan pemilahannya, masih banyak desa yang belum membuat bank sampah dan yang terakhir perlunya sosialisasi peraturan daerah (Perda) terkait pengelolaan sampah.

"Terima kasih untuk kehadiran Bapak/Ibu, yang sudah meluangkan waktunya dan atas aspirasinya terkait masalah pengelolaan sampah di masing-masing desa. Saya berkomitmen untuk serius dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Mojokerto dengan menghidupkan kembali bank sampah serta memaksimalkannya, termasuk menggandeng sektor usaha untuk terlibat aktif melalui CSRnya. Pemerintah harus hadir dan turun dalam masalah ini. Pengelolaan sampah dengan manajemen yang baik tidak hanya menciptakan tata kelola lingkungan yang bersih, tetapi juga akan membantu pemulihan ekonomi," terang Bu Ikfina Fahmawati yang merupakan Penggagas berdirinya Bank Sampah Induk (BSI) di Kabupaten Mojokerto.

Dalam kampanye tersebut, hadir 35 orang penggiat bank sampah dari tujuh perwakilan kecamatan, diantaranya Kecamatan Trawas, Puri, Gondang, Kutorejo, Kemlagi, Mojosari, dan terakhir kecamatan pungging.

Selain Desa Ketapanrame, Ikfina Fahmawati juga berkampanye dengan menghadiri tatap muka di empat tempat lainnya yang berada di Kecamatan Pacet dan Trawas.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV