SUARA INDONESIA

Jumlah DPT Tolitoli 150.009 Pemilih

- 14 October 2020 | 21:10 - Dibaca 2.19k kali
Politik Jumlah DPT Tolitoli 150.009 Pemilih
Foto : Rapat terbuka Pleno DPS-HP dan penetapan DPT oleh KPUD Kabupaten Tolitoli disalah satu gedung hotel Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan.

TOLITOLI - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah dalam rapat Pleno terbuka rabu (14-10-2020) mengumumkan jumlah total Daftar pemilih tetap (DPT) Tolitoli sebanyak150.009 orang.

Divisi tehnis dan data Imade Koto Parahianto mengatakan, rekapitulasi Daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPS-HP) oleh Panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang tersebar di 10 kecamatan untuk 103 desa dan kelurahan didapati angka 150.009 yang di tahapan DPS lalu hanya berjumlah 148.014 pemilih.

"Rekapitulasi DPS-HP itu kami dapatkan angka 150.009 pemilih untuk kemudian ditetapkan sebagai DPT," kata Imade kepada suaraindonesia.co.id

Ia menjelaskan, terjadi ketambahan pemilih sebesar 1995 orang dari DPS lalu, untuk wilayah penambahan didominasi oleh pemilih diwilayah kecamatan Baolan yang semula berjumlah 39.434 orang menjadi 41.046 dengan kata lain ketambahan di Baolan sebanyak 1612 pemilih.

Dan sisanya ketambahan data pemilih terjadi dikecamatan lain seperti dikecamatan Basidondo, Dampal Utara, kecamatan Dondo, dan kecamatan Tolitoli Utara. Sedangkan enam kecamatan lainnya mengalami penurunan jumlah pemilih yang tidak terlalu signifikan.

Meski demikian, perubahan data pemilih tersebut juga merupakan hasil perbaikan atas usulan dari Bawaslu setempat, mengingat Baswaslu belum lama ini menemukan data yang tidak akurat sebanyak 1.535 orang, sehingga pihak KPU menganggap hasil perbaikan data pemilih kali ini sudah include dengan Bawaslu.

Ketua KPUD Tolitoli Sulaiman Pajailani berharap, meski telah ditetapkannya DPT pihaknya meminta kepada stakeholder terkait, untuk tetap berkordinasi aktif guna menciptakan Pilkada yang berkualitas disembilan Desember mendatang. (Arya) 



» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV