SUARA INDONESIA

Anggota DPRD Jabar, Tina Wiryawati Soroti Permasalahan Sampah Di Kabupaten Kuningan

Bayu Untoro - 02 January 2022 | 16:01 - Dibaca 1.57k kali
Politik Anggota DPRD Jabar, Tina Wiryawati Soroti Permasalahan Sampah Di Kabupaten Kuningan
Anggota DPRD Fraksi Gerindra, Tina Wiryawati saat memberikan pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga kepada para Kepala Desa, Bumdes dan Kelompok masyarakat.

KUNINGAN - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil XIII, Tina Wiryawati soroti permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Menurutnya, permasalahan sampah merupakan masalah serius, karena sampah akan berdampak terhadap masalah kesehatan dan lingkungan," ujar Tina kepada suaraindonesia.co.id, Minggu (2/1/2022).

Namun kata Tina, jika sampah itu dimanfaatkan dengan baik, maka akan menjadi peluang emas, dan segala permasalahan itu justru akan menjadi solusi.

Sampah rumah tangga apabila dipilah akan menjadikan sebuah peluang yang nantinya dapat dijadikan sebuah kerajinan, bahan pupuk maupun untuk pakan budidaya maggot." Ungkap Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jabar Fraksi Gerindra itu.

Tina menjelaskan, berangkat dari permasalahan yang ditemukannya itu, ia pun menggelar pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga kepada para Kepala Desa, BUMDes dan kelompok masyarakat yang bertempat di Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jabar pada 1 Januari 2022 kemarin.

Dengan pelatihan yang ia gelar itu, Tina berharap pemerintahan desa dapat bersinergi dengan kelompok masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan asli desa (Pades) dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemilahan sampah rumah tangga.

Sementara Kepala Desa Karangkamulyan Kecamatan Ciawigebang, Yayat Supriyatna mengaku bahwa program pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga tersebut sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dalam mengelola sampah.

"Sebetulnya pada tahun 2020 kami sudah melakukan program pengelolaan sampah rumah tangga, namun hingga saat ini program itu belum efektif.

"Maka mudah-mudahan dengan adanya program dari Tina Wiryawati Center Peduli Lingkungan (TWCPL) yang digagas oleh Anggota DPRD Jabar, Tina Wiryawati, segala permasalahan sampah akan teratasi dengan baik.

"Sehingga sampah rumah tangga itu akan menjadi peluang emas bagi kesejahteraan  masyarakat," ucap Yayat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bayu Untoro
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV