SUARA INDONESIA

Muscab Tahun ini, Janur Sasra Ananda Dipastikan Jadi Calon Tunggal Ketua Demokrat Situbondo

Syamsuri - 22 May 2022 | 17:05
Politik Muscab Tahun ini, Janur Sasra Ananda Dipastikan Jadi Calon Tunggal Ketua Demokrat Situbondo

SITUBONDO - Musyawarah Cabang (Muscab) ke-4, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat  Provinsi Jawa Timur, akan di gelar pada Jumat, 27 Mei 2022 mendatang, di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Dari hasil pendaftaran Calon Ketua DPC Demokrat Situbondo periode 2022-2027 yang berakhir hari Jumat, 20 Mei 2022 pukul 24.00 WIB kemarin, hanya ada satu kader yang mendaftar ke panitia. Yakni Janur Sasra Ananda, sehingga legislator tiga periode ini secara aklamasi menjadi calon tunggal Ketua DPC Demokrat Situbondo.

Saat dihubungi Wartawan Suara Indonesia.co.id, Janur Sasra Ananda membenarkan informasi tersebut.

"Hingga penutupan pendaftaran kemarin, alhamdulilah saya menjadi satu-satunya pendaftar yang memenuhi syarat. Baik dari segi dukungan ataupun berkas-berkas lainnya," ucapnya, Minggu, 22 Mei 2022.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi III DPRD Situbondo ini mengungkapkan, karena menjadi calon tunggal di Muscab ke-4 partai berlogo Bintang Mercy tersebut, maka dirinya tidak perlu melakukan fitt and proper test di DPD Demokrat Jatim.

"Akan tetapi pada tanggal 27 Mei nanti saya tetap harus menyampaikan visi-misi dan LPJ kepengurusan," bebernya.

Janur meyakini, Muscab ke-4 Demokrat Situbondo berjalan lancar dan kondusif.

"Setelah Muscab nanti saya segera membentuk kepengurusan, karena tahapan pemilu sudah semakin dekat. Termasuk kita akan menyiapkan daftar Celeg di masing-masing Dapil. Sebab sudah banyak yang menyampaikan kepada kami untuk mendaftar sebagai Caleg di Partai Demokrat Situbondo," tegasnya.

Lebih jauh, Janur optimis di Pilihan Legislatif tahun 2024 Demokrat Situbondo bakal memperoleh kursi DPRD di setiap Dapil yang ada di Kota Santri Pancasila.

"Target saya di 2024,  Demokrat bisa memperoleh kursi DPRD di semua Dapil, sehingga kami bisa meraih satu wakil ketua dewan," pungkasnya.

Sementara itu, Sekertaris BPOKK DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Muhammad Saifudin menjelaskan, pada hari Jumat, 27 Mei mendatang ada 17 DPC se-Jatim yang akan melaksanakan Muscab ke-4.

"Sisanya ikut gelombang kedua yang waktunya tidak jauh dari itu," tukasnya.

Saifudin menerangkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh Calon Ketua DPC. Diantaranya harus memperoleh dukungan minimal 20 persen pemilik suara.

" Kemudian siap berkomitmen untuk menjaga NKRI, berkomitmen membesarkan partai, dan tidak terlibat permasalahan lain yang bertentangan dengan kode etik partai," imbuhnya.

Saifudin menuturkan, pemilik hak suara yang sah pada Muscab ke-4 adalah PAC, DPC, DPD dan DPP.

"Setelah Muscab saya berpesan kepada seluruh kader Partai Demokrat yang ada di Jatim agar lebih fokus ke pemilu di tahun 2024 mendatang. Sehingga target partai Demokrat untuk bisa menjadi pemenang benar benar tercapai sesuai dengan harapan kita semua," tutupnya.

Pewarta : Syamsuri
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya