SUARA INDONESIA

Enam Hari Lagi Janur Sasra Ditetapkan Sebagai Ketua DPC Demokrat Situbondo

Syamsuri - 29 May 2022 | 04:05
Politik Enam Hari Lagi Janur Sasra Ditetapkan Sebagai Ketua DPC Demokrat Situbondo

SITUBONDO  -  Musyawarah cabang (Muscab) serentak yang diikuti sebanyak 38 DPC Partai Demokrat se Jawa Timur ini digelar di Asrama Haji Sukolilo Jawa timur, pada hari Jumat 27/5 kemarin.

Salah satu agendanya adalah untuk memilih ketua DPC Partai Demokrat masa bhakti 2022-2027.

" Untuk calon Ketua DPC Partai Demokrat Situbondo Janur Sasra Ananda. Dan Insya Allah Enam hari lagi akan  ditetapkan pada Forum Musyawarah Cabang di Surabaya," ujar Sekretaris DPC Partai Demokrat Situbondo, H. Syahlawi, saat dihubungi melalui telpon genggamnya kemarin

Lebih lanjut, Syahlawi mengatakan Muscab DPC Partai Demokrat yang dilaksakan serentak di Jawa Timur ini sebenarnya dilaksanakan dalam dua tahap.

Katanya, untuk tahap pertama diikuti sebanyak 17 DPC sedangkan sisanya  sebanyak 21 DPC akan digelar pada tahap kedua. 

Menurut, H. Syahlawi DPD  Demokrat Jatim pada minggu sebelumnya telah membuka Pendaftaran dari tanggal 18 Mei dan ditutup pada 20 Mei jam 24.00 WIB di Kantor DPD Partai Demokrat Jatim, Jalan Kertajaya Indah no 82 Surabaya.

" Kebetulan untuk calon ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Situbondo ini, yang mencalonkan  diri sebagai Ketua, hanya Janur Sasra Ananda, sampai pada akhir masa pendaftaran calon ditutup yakni pada tanggal  20 Mei 2022 jam 12 malam," ungkapnya.

Menurutnya, dari kandidat calon ketua yang mendaftar menjadi Ketua DPC Demokrat, syarat utamanya adalah harus  mengantongi dukungan minimal 20 persen pemilih suara sah di masing-masing DPC.

Setelah itu, lanjutnya, calon Ketua DPC termasuk Pak Janur Sasra Ananda harus mengikuti fit and proper test yang dilakukan BPOKK DPD dan DPP. Dalam fit and proper test, calon ketua  diminta menyampaikan visi misi serta program partai ke depan jika terpilih.

" Itu dilakukan sebagai bahan pertimbangan, untuk menentukan calon kandidat mana yang memiliki kualitas terbaik," terang H. Syahlawi

" Nah, dari penilaian tersebut yang akan menentukan layak atau tidaknya sebagai Ketua DPC, adalah tim lima yaitu tiga dari DPP dan dua dari DPD. Setelah itu baru DPP mengeluarkan SK penetapan sebagai Ketua DPC terpilih," ujarnya. 

Syahlawi juga menyebutkan pada muscab kemarin sesuai dengan aturan  main Janur Sasra Ananda ini sudah sah untuk ditetapkan sebagai ketua secara aklamasi, cuma tinggal menunggu penetapannya saja.

Lebih lanjut, H. Syahlawi menegaskan bahwa dari semua Penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban Kepengurusan pada periode sebelumnya semuanya sudah diterima dengan baik oleh forum Muscab.

" Salah satunya prestasi dalam mempertahankan 5 kursi di DPRD dengan peningkatan 35 persen dibanding pada kepengurusan periode sebelumnya," tegas H. Syahlawi.

Selain itu, fasilitas sarana informasi dan komunikasi DPC Partai Demokrat seperti Media center demokrat dan podcast langit biru sebagai identitas smart party.

Dia menjelaskan, pada masa kepengurusan yang lalu, DPC Partai Demokrat Situbondo juga telah berhasil memenangkan Pilbup situbondo dan Pilgub Jawa Timur, keberhasilan ini semuanya dapat apresiasi di forum Muscab.

" Semalam kepengurusan demisioner juga sudah melaksanakan tes uji kelayakan dan kepatutan, setelah itu, Janur Sasra Ananda ditetapkan menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Tunggal di Muscab, maka secara resmi sudah sah menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Situbondo Periode 2022 - 2027," pungkas H. Syahlawi.

Pewarta : Syamsuri
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya