SUARA INDONESIA

DPD PKS Jombang Daftarkan Bacaleg ke KPU,Targetkan 8 Kursi DPRD Jombang

Gono Dwi Santoso - 12 May 2023 | 18:05 - Dibaca 1.04k kali
Politik DPD PKS Jombang Daftarkan Bacaleg ke KPU,Targetkan 8 Kursi DPRD Jombang
Ketua DPD PKS Jombang Didik Darmadi saat melakukan sambutan pendaftaran Bacaleg di kantor KPU Jombang, Jumat (12/05/2023).


JOMBANG - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Jombang resmiera membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif di pemilu tahun 2024 yang akan dilaksanakan serentak tanggal 14 Februari 2024 tahun depan .

Pendaftaran memasuki hari ke 12, Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera ( PKS)   Kabupaten Jombang menjadi partai lima, yang  mendaftarkan Bacalegnya ke kantor KPU Jombang.

Dimana partai PKS kabupaten Jombang dalam pemilu legislatif ,menargetkan 8 kursi DPRD kabupaten Jombang dalam pendaftaran Bacaleg ini di  daftarkan langsung oleh ketua DPD  PKS Jombang Didik Darmadi didampingi Sekretaris Arifin bersama pengurus  saat ke kantor KPU Jombang, Jumat ( 11/05/2023).

Arifin selaku sekretaris DPD PKS Jombang menjelaskan jajaran pengurus DPD PKS Jombang sudah mendaftarkan bacaleg ke kantor KPU Jombang sebanyak 50 orang.

"Dan komposisi alhamdulilah untuk keterwakilan perempuan ada sebanyak 48 persen," ungkapnya media saat melakukan konferensi pers dengan media di KPU Jombang.

Arifin menyebut bahwa jajaran kader dan pengurus DPD PKS sengaja daftar ke KPU menggunakan seragam orange. Dimana warna ini sangat identik dengan kaum milenial.

"Melihat secara warna, orange adalah milenial sekali, dengan jumlah 18 persen kader milenial. Harapan kami InsyaAllah semua komponen bisa menempati posisi yang strategis dan semuanya mewakili untuk menjadi anggota dewan kita," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan pada pemilu legislatif tahun 2024 nanti. Musda DPD PKS Jombang menargetkan beberapa kursi di DPRD Jombang.

"Sesuai dengan amar musda, target kami adalah 8 kursi, atau 15 persen. Hal itu juga sesuai dengan nomor partai kita yakni nomor 8," paparnya.

Saat ditanya bagaimanakah efek samping perolehan suara partai PKS di Jombang, setelah PKS secara resmi mengusung Anis sebagai capres di Pilpres 2024 nanti.

Arifin menjelaskan,selama ini perolehan suara partai PKS terus mengalami kenaikan. Dan karena kedekatan PKS dengan Anis, maka dipastikan suara partai dan perolehan kursi DPRD Jombang akan terdongkrak.

"Selama ini perolehan suara PKS selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dengan adanya Anis yang dekat dengan kita (PKS) akan ada efek yang mendongkrak suara PKS," terangnya.

Sementara itu, ketua KPU Jombang Athoillah menjelaskan pada hari Jumat , tepatnya hari ke 12 pendaftaran bacaleg ke KPU, ada dua partai yang mengkonfirmasi pendaftaran dan menyerahkan berkas bacaleg ke KPU.

"Hari ini yang datang ke KPU, yang pertama dari PAN. PAN datang jam satu siang. Kemudian baru selesai ini PKS. Jadi hari ini ada dua partai politik," paparnya.

Usai menyerahkan berkas, sore ini Athoillah mengaku petugas dari KPU akan melakukan verifikasi administrasi.

"Berkas ini nantinya akan diteliti, untuk mengetahui berkasnya lengkap atau tidak. Tahap ini sampai tanggal 14 nanti, jam 23.59," katanya.

Ia mengatakan selama ini, hampir semua partai politik peserta pemilu sudah mengkonfirmasi dan sebagian sudah menyetorkan berkas ke KPU. Namun demikian masih ada beberapa partai yang belum mengkonfirmasi pendaftaran.

"Beberapa partai sudah mengkonfirmasi waktunya, ada yang besok ada juga yang lusa. Yang belum mengkonfirmasi itu ada tiga. Yakni partai Garuda, partai umat, dan partai PSI," pungkasnya. 

Pantauan dalam prosesi pendaftaran Bacaleg di kantor KPU Jombang semua Komisioner KPU Jombang dan Bawaslu Jombang beserta sekretariat KPU Jombang.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV