SUARA INDONESIA

Fasilitasi Warga Binaan Gunakan Hak Pilih, KPU Jombang Siapkan Dua TPS Khusus di Lapas

Gono Dwi Santoso - 20 December 2023 | 06:12 - Dibaca 753 kali
Politik Fasilitasi Warga Binaan Gunakan Hak Pilih, KPU Jombang Siapkan Dua TPS Khusus di Lapas
Proses simulasi pemungutan surat di TPS yang digelar KPU Jombang, Selasa 19 Desember 2023. (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG – KPU Jombang, Jawa Timur, menyiapkan 13 TPS khusus pada Pemilu 2024 mendatang. Selain di pondok pesantren, TPS khusus itu juga berada di Lapas Kelas IIB Jombang. Di lembaga pemasyarakatan ini, KPU menyiapkan dua TPS.

Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi mengatakan, TPS khusus ini dibentuk untuk memfasilitasi pemilih yang pada hari pemungutan mereka tidak bisa menggunakan hak pilihnya di tempat dia terdaftar sebagai pemilih.

"Seperti warga binaan. Sebenarnya mereka sudah terdaftar di tempatnya masing-masing. Namun, karena kondisi khusus itu, maka mereka bisa menggunakan hak pilihnya di TPS lokasi khusus, atau pemilih pindah pilih," terangnya, usai menggelar kegiatan simulasi pemungutan suara di kantor KPU setempat, kemarin.

Menurutnya, belasan TPS di lokasi khusus itu merupakan bagian dari 3.858 TPS yang tersebar di seluruh Kabupaten Jombang. Sejauh ini, pihaknya telah mengadakan simulasi yang diikuti penyelenggara tingkat kecamatan.

"Tujuan simulasi ini adalah memberikan gambaran, baik kepada penyelenggara pemilu maupun masyarakat, tentang pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu yang dilaksanakan 14 Februari 2024,” paparnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV