SUARA INDONESIA

Cegah Kesalahan Pungut Hitung Suara, KPU Sidoarjo Kembali Gelar Simulasi

Amrizal Zulkarnain - 30 January 2024 | 14:01 - Dibaca 836 kali
Politik Cegah Kesalahan Pungut Hitung Suara, KPU Sidoarjo Kembali Gelar Simulasi
Simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, di Pendapa Alun-Alun Sidoarjo, Selasa (30/1/2024). (Foto: Rizal/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo, menggelar simulasi kedua pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Simulasi yang digelar di Pendapa Alun-Alun Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (30/1/2024) ini, dihadiri oleh Bupati dan Kapolresta Sidoarjo, serta PPK dan PPS se-Sidoarjo. Langkah ini untuk mencegah terjadinya kesalahan, baik saat proses pungut maupun hitung suara di TPS.

Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sidoarjo Ana Aziza mengatakan, simulasi ini merupakan rangkaian dari bimbingan teknis (bimtek) yang telah dilakukan KPU Sidoarjo terhadap PPK dan PPS pada 23 dan 24 Januari 2024.

"KPU melakukan Training Of Trainer (TOT) kepada PPK dan PPS, kemudian estafet oleh PPK dan PPS untuk melakukan bimtek terhadap seluruh KPPS di wilayahnya saat di TPS," ujar Ana, saat dikonfirmasi.

Perlu diketahui, simulasi ini merupakan kali kedua yang dilakukan oleh KPU Sidoarjo. Sebelumnya, KPU sudah melaksanakan simulasi pada Desember 2023.

Menurut Ana, simulasi yang dilakukan secara berulang-ulang tersebut bertujuan agar dapat dipahami dan dikuasai penyelenggara pemilu, baik saat proses pemungutan maupun penghitungan suara pada 14 Februari nanti.

Hal ini juga ditegaskan Ana, bimtek simulasi tersebut mengacu pada PKPU Nomor 25 tahun 2023, dan Petunjuk Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara Nomor 66 Tahun 2024.

"Semoga simulasi pelaksanaan pemungutan dan rekapitulasi suara Pemilu 2024 mendatang berjalan lancar dan sukses," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV