SUARA INDONESIA

Pemungutan Suara Ulang di TPS 06 Losari Jombang, Akibat Pemahaman KPPS tentang Regulasi Coblosan Minim  

Gono Dwi Santoso - 20 February 2024 | 15:02 - Dibaca 1.05k kali
Politik Pemungutan Suara Ulang di TPS 06 Losari Jombang, Akibat Pemahaman KPPS tentang Regulasi Coblosan Minim  
Pemilih TPS 06 Desa Losari, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, saat menyerahkan surat undangan untuk pencoblosan di bilik suara, Selasa (20/02/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- KPU Kabupaten Jombang mengadakan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 06 Desa Losari, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, hari ini, Selasa (20/02/2024).

PSU untuk jenis pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta DPD RI ini, menyusul rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat, yang melalui pengawas TPS menemukan adanya 21 orang Daftar Pemilih Khusus (DPK) di luar Desa Losari yang mencoblos surat suara pada 14 Februari 2024 kemarin.

Pantauan di lokasi, satu per satu pemilih datang untuk menyalurkan kembali suara mereka di bilik suara. Tampak para petugas KPPS memanggil pemilih yang sudah antre untuk mencoblos.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ploso, Teguh Wahyudi mengatakan, PSU ini karena KPPS di TPS 06 tidak memahami aturan, selain juga adanya faktor kelelahan.

"Sebanyak 21 daftar pemilih khusus bisa masuk leluasa untuk melakukan pencoblosan surat suara, termasuk tidak membawa surat pengantar pindah pilih. Semoga ini sebagai pembelajaran kita semua," terangnya.

Teguh menambahkan, jumlah DPT di TPS 06 Desa Losari sebanyak 235 pemilih dan satu pemilih masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Sedangkan angka partisipasi yang hadir pada Rabu 14 Februari 2024 kemarin, tercatat sebanyak 181 pemilih yang menggunakan suaranya.

"Diharapkan, dengan adanya PSU ini ini jumlah kehadiran pemilih tetap seperti kemarin," ujarnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV