SUARA INDONESIA

KPU Jatim Tunggu Finalisasi Penghitungan Suara dari Kota Surabaya

Lukman Hadi - 07 March 2024 | 16:03 - Dibaca 666 kali
Politik KPU Jatim Tunggu Finalisasi Penghitungan Suara dari Kota Surabaya
Komisioner KPU Jatim Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas), Nur Salam. (Foto: Lukman/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SURABAYA - Penghitungan suara Pemilu 2024 di tingkat provinsi masih berlangsung dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur di Hotel Shangri-La, Surabaya.

Salah satu yang menjadi atensi KPU Jatim yakni partisipasi pemilih pada Pemilu 2024, karena saat ini telah mencapai 82 persen.

"Luar biasanya masyarakat mulai sadar dalam penyaluran partisipasi di Pemilu kali ini. Dari rekapitulasi hari pertama hingga kini sudah mencapai 82 persen," kata Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas), Nur Salam ketika dihubungi media, Kamis (07/03/2024).

Dari proses rekapitulasi, ia mengaku bahwa masih ada beberapa kendala meliputi salah input dan sebagainya. Namun hal tersebut tidak menghambat rapat pleno.

Di lain sisi, ia mengatakan, rekapitulasi seutuhnya menunggu hasil penghitungan di beberapa kabupaten/kota yang masih menuntaskan penghitungan.

"Kita (KPU Jatim) menunggu hasil dari Jember, Madura Raya dan Surabaya. Namun Jember dan Madura Raya selesai dan menyerahkan berkas. Jadi, tinggal menunggu Surabaya," ujar Salam.

Ia memastikan apabila pihaknya terus berkomunikasi secara intens dengan KPU Surabaya terkait rekapitulasi di tingkat kota.

"Sampai sekarang kita terus intens berkomunikasi dengan KPU Surabaya. Sesuai penambahan waktu malam (07/03/2024) ini Surabaya selesai," terang dia.

Pada intinya, KPU Jatim menekankan, tahapan rekapitulasi dapat berjalan lancar dengan tetap mengedepankan asas keterbukaan.

Ia menyampaikan, sesuai jadwal rekapitulasi tingkat provinsi seharusnya selesai pada 8 Maret 2024. "Sesuai schedule besok (08/03/2024). Tapi tetap kita antisipasi adanya kemoloran," tuturnya.

(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV