SUARA INDONESIA

Lima Kandidat Bacabup Jember Lirik PAN, Berkompetisi Unduh Rekomendasi

Redaksi - 26 May 2024 | 22:05 - Dibaca 529 kali
Politik Lima Kandidat Bacabup Jember Lirik PAN, Berkompetisi Unduh Rekomendasi
Ketua DPD PAN Jember Abdussalam saat menyambut Faida, salah satu kandidat yang masuk penjaringan bakal calon bupati. Acara ini berlangsung di Hotel Rembangan, Minggu (26/5/2024). (Foto: Mahrus Sholih/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JEMBER- Meski hanya meraih satu kursi pada pemilu legislatif kemarin, Partai Amanat Nasional (PAN) Jember ternyata mampu memikat para kandidat bakal calon bupati (bacabup). Setidaknya, ada lima tokoh yang melirik rekomendasi Partai Matahari Terbit itu.

Kelima kandidat tersebut adalah Ahmad Sudiono, mantan kepala dinas pendidikan di era Bupati MZA Djalal, mantan Bupati Jember Faida, serta Bupati Jember Hendy Siswanto.

Kemudian, Muhammad Fawait (Gus Fawait), anggota DPRD Jawa Timur dari Partai Gerindra. Dan terakhir, Nanang Handono Prasetyo, pensiunan pejabat di Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

Empat kandidat hadir langsung pada agenda silaturahmi yang berlangsung di Hotel Rembangan, Kecamatan Arjasa, Minggu (26/5/2024). Sedangkan Nanang Handono Prasetyo, disebut meminta jadwal di hari lain karena masih berada di luar kota.

Secara berurutan, Ahmad Sudiono, Faida, Hendy Siswanto dan Gus Fawait, memaparkan visi misinya di hadapan pengurus DPD dan DPC PAN Jember di hari yang sama. Mereka berupaya meyakinkan pengurus agar menjatuhkan rekomendasi partai ke mereka.

Ketua DPD PAN Jember Abdussalam mengatakan, meski menyisakan satu kursi di DPRD, namun partainya memiliki infrastruktur politik yang komplet. Mulai dari jajaran pengurus di tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa.

Dia mengungkapkan, setidaknya ada 3.000 lebih orang yang tercatat sebagai pengurus di struktur DPD hingga anak ranting.

“Kami juga memiliki sayap partai yang siap mengawal dan memenangkan calon di Pilkada Jember. Ada Simpatik dan Barisan Muda PAN. Simpatik ini adalah sayap partai yang bertugas melakukan pengamanan,” ujar Cak Salam, sapaan dia.

Penjaringan yang dikemas dalam agenda silaturahmi ini, kata dia, bertujuan untuk memberikan ruang seluas-luasnya kepada para kandidat agar berdekatan langsung dengan kader PAN.

Selain itu, pemaparan visi misi ini juga menjadi pendidikan politik bagi kader, sekaligus sarana bagi mereka untuk melihat langsung potensi setiap calon.

“Selanjutnya, kami akan komunikasi intens dengan masing-masing calon. Dan nantinya akan mengkristal kemana, bisa dibedah mulai hari ini,” sebutnya.

Dalam waktu dekat, Cak Salam menambahkan, rekomendasi PAN akan turun ke siapa, bakal segera disampaikan. Karena saat ini, tahapan pendaftaran yang diawali dengan pendaftaran calon perseorangan sudah dimulai.

“PAN akan berlabuh ke mana, itu akan segera kami sampaikan. Dan sinyal itu terlihat dari Koalisi Indonesia Maju yang sampai hari ini masih melekat. Berikutnya, PAN akan menyiapkan konsolidasi lanjutan untuk menyusun langkah-langkah pemenangan,” bebernya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV