SUARA INDONESIA

Dikabarkan Bakal Berpasangan dengan Bacabup dari Gerindra, Ketua NasDem Cilacap Ngaku Siap

Satria Galih Saputra - 09 June 2024 | 06:06 - Dibaca 635 kali
Politik Dikabarkan Bakal Berpasangan dengan Bacabup dari Gerindra, Ketua NasDem Cilacap Ngaku Siap
Bakal calon bupati Cilacap yang diusung Partai Gerindra Awaluddin Muuri (kanan) dan Ketua DPD NasDem Cahyo Sasongko (kiri). (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Cilacap, Cahyo Sasongko, dikabarkan akan berpasangan dengan bakal calon bupati Awaluddin Muuri pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Awaluddin sendiri diketahui akan diusung oleh Partai Gerindra dan saat ini menjabat Pj Bupati Cilacap.

Menanggapi hal tersebut, Cahyo mengaku masih menunggu keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

"Jadi kita mendapat surat tugas dari DPP, dan surat tugas ini yang nanti akan menjadi rujukan untuk direkomendasi. Dan dalam hal ini, yang diberikan kewenangan sepenuhnya adalah Pak Sugeng Suparwoto selaku pengampu dapil untuk memutuskan, dan keputusan nanti ditentukan belum saat ini," ujarnya saat ditemui, Sabtu (8/6/2024).

Kendati demikian, Cahyo mengaku siap bilamana dipasangkan dengan bakal calon bupati dari partai berlambang burung garuda tersebut.

"Pastinya nanti ada satu komunikasi yang baik ya, sebenarnya kita sudah intens berkomunikasi dengan Pak Awal, baik. Dengan calon-calon bupati yang lain juga baik, cuma kita harus menentukan ya karena ini kan sudah mendekati," kata Cahyo.

"Kalau saya melihat Pak Awal ini memiliki debut karir yang bagus dimulai bawah. Pendidikan beliau dari STPDN, kemudian menjadi pegawai negeri, pernah menjabat juga sebagai Kepala Desa, karirnya terus menanjak, pernah menjadi Kepala Dinas, Sekda, terakhir Pj Bupati. Saat ini mungkin jatuh pilihannya mencalonkan plus resikonya mengundurkan diri pasti. Intinya track record nya bagus," imbuhnya.

Selain sosok Awaluddin sendiri yang dinilai memiliki track record yang baik, calon lain yang maju dalam kontestasi Pilkada nanti juga dinilai memiliki rekam jejak yang baik oleh Cahyo. "Calon-calon yang lain juga punya track record yang bagus, berkarya juga. Mereka tokoh-tokoh yang hebat lah," ucapnya.

Cahyo melanjutkan, untuk menentukan calon kepala daerah dan wakil ini tidak bisa sendiri, melainkan adanya kesepakatan bersama baik partai pengusung maupun partai koalisi. Disamping itu, menurutnya politik itu sangat dinamis.

"Kalau bicara pasangan masih ditawarkan, bahwa NasDem punya kader internal yaitu Ketua DPD Pak Cahyo, dan dari DPP juga menginginkan kader internal dari NasDem untuk bisa menjadi bakal calon kepala daerah, paling tidak kami sudah komitmen bahwa NasDem Cilacap dengan perolehan 5 kursi akan mencalonkan wakil bupati pada Pilkada 2024," paparnya.

"Kami di daerah, pastinya tunduk, patuh, dan taat dengan keputusan yang diberikan oleh DPP. Artinya kalau jatuhnya ke Ketua DPD, dalam hal ini saya, ya apapun risikonya harus siap. Jadi menerima surat tugas itu berat, tetapi dimanapun kita harus siap sebagai kader partai," sambungnya.

Lebih lanjut, Cahyo menyampaikan, dalam menghadapi Pilkada 2024 yang semakin dekat, partai yang digawanginya saat ini merencanakan akan melakukan deklarasi dengan partai koalisi.

"Dalam waktu dekat ini sekitar tanggal 9 sampai 16 Juni, kita rencanakan hari yang tepat untuk melakukan deklarasi atau kesepakatan, kesepahaman koalisi partai tingkat daerah," ungkap Cahyo.

"Dan Minggu ini, target NasDem akan memasang baliho agar lebih dikenal oleh masyarakat bahwa ternyata NasDem mencalonkan juga," tutup Anggota DPRD dari Fraksi NasDem ini. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV