SUARA INDONESIA

Gerindra, PAN dan NasDem Sepakat Usung Pj Bupati Cilacap sebagai Cabup di Pilkada 2024

Satria Galih Saputra - 13 June 2024 | 08:06 - Dibaca 1.05k kali
Politik Gerindra, PAN dan NasDem Sepakat Usung Pj Bupati Cilacap sebagai Cabup di Pilkada 2024
Jajaran pengurus Partai Gerindra, PAN dan NasDem saat melakukan deklarasi bersama mendukung Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri sebagai Calon Bupati di Pilkada 2024. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Tiga partai politik Gerindra, PAN dan NasDem sepakat mengusung Awaluddin Muuri yang kini menjabat sebagai Pj Bupati Cilacap sebagai calon bupati pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. 

Hal itu ditunjukan melalui kerjasama politik yang ditandai dengan penandatangan kerjasama sekaligus deklarasi bersama yang dilakukan di salah satu Hotel di Cilacap, Rabu (12/6/2024) malam.

"Hari ini Gerindra melakukan kerjasama politik dengan dua partai PAN dan NasDem dan bersama-sama mengusung calon bupati dan wakil bupati periode 2024-2029 yang akan datang. Yang penting kita menuju R1 nya dulu," ujar Ketua DPC Gerindra Kabupaten Cilacap Suyatno saat ditemui di sela-sela acara.

"Dan tadi sudah disepakati bersama bahwa kita sepakat mengusung Awaluddin Muuri sebagai calon bupati. Dan perjalanan mencari wakil, tentu saja nanti menjadi rembugan bersama antara calon yang bersangkutan dengan kami partai-partai koalisi," imbuhnya.

Suyatno melanjutkan, untuk calon wakil bupati sendiri, pihaknya bersama calon bupati yang diusung Awaluddin Muuri akan sama-sama mencari calon potensi untuk bergabung. "Nanti akan kita gabung hasil-hasil verifikasi dari masing-masing pihak kemudian baru diputuskan," ungkapnya.

Adapun alasan Pj Bupati Cilacap diusung Gerindra maju sebagai calon bupati pada Pilkada 27 November 2024 mendatang dikarenakan memiliki potensi baik itu elektabilitas maupun track record yang dinilai baik.

"Yang jelas Pak Awaluddin track record nya bagus, mulai terjun di Kabupaten Cilacap sebagai ASN kemudian karirnya meningkat dari mulai tingkatan bawah sampai menjadi pejabat dan terakhir beliau menjabat Sekda, sehingga kita rekrut menjadi pemimpin di Kabupaten Cilacap dan secara riil Pak Awaluddin sudah kuat," kata Suyatno.

Ketua Gerindra Cilacap ini memastikan Awaluddin Muuri siap maju diusung oleh Partai Gerindra. "Tentunya kami sudah intens berkomunikasi dengan beliau, dan kerjasama politik sudah kami lakukan, namun tidak kami ekpose karena kan beliau masih menjabat ya, nanti ada waktunya kita blow up apa-apa yang sudah menjadi kesepakatan," jelasnya.

"Sampai saat ini kami juga masih membuka peluang kepada teman-teman dari partai lain untuk bergabung berkoalisi dengan kami," sambung kader Gerindra yang akrab disapa Pak Yanto ini.

Sementara itu, Ketua DPD NasDem Cilacap Cahyo Sasongko mengaku, telah memperhitungkan terlebih dahulu sebelum berkoalisi dengan Gerindra dalam menghadapi Pilkada 2024.

"Dan atas ijin dari DPP kita pada hari ini mengawali yang terbaik menuju Cilacap lebih maju mengawal Pak Awaluddin menjadi Bupati Cilacap. Per hari ini kita membicarakannya kepala daerah. Dan kami sendiri per 1 Juni sudah menyampaikan, bahwa Partai NasDem mencalonkan wakil bupati," kata Cahyo.

"Kalau nanti NasDem menjadi pilihan wakil bupati itu sesuatu yang wajar ya dan mungkin sudah ada survey, elektabilitas kemudian mengerucut kepada rekom, semua berproses. Dalam perjalanan politik ini, pasti nanti ada dinamika sampai turun rekom dari partai. Apapun keputusan nanti, kita kembalikan kepada DPP," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV