SUARA INDONESIA

PKB Pilih Gus Fawait sebagai Calon Bupati Jember, Bukan Petahana

Redaksi - 24 June 2024 | 23:06 - Dibaca 327 kali
Politik  PKB Pilih Gus Fawait sebagai Calon Bupati Jember, Bukan Petahana
Ketua DPW PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar (kanan), saat menyerahkan surat rekomendasi kepada Gus Fawait, Bacabup Jember. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, JEMBER – Desas-desus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal merekomendasi calon petahana untuk Pilkada Jember 2024, ternyata tak terbukti.

Partai berlogo bumi bintang sembilan ini menjatuhkan pilihannya kepada Muhammad Fawait (Gus Fawait), bakal calon bupati (bacabup) yang berlatar belakang santri.

Surat rekomendasi itu diserahkan oleh Ketua Bidang Penguatan Struktur, Eksekutif dan Legislatif Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB yang sekaligus Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar.

Surat diterima Gus Fawait yang saat itu ditemani Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Jember, Ayub Junaidi, didampingi anggota DPR RI PKB terpilih dari daerah pemilihan Jember-Lumajang, Rivqy Abdul Halim, Senin (24/6/2024).

Rekomendasi tahap satu ini dikeluarkan setelah DPP memperhatikan proses penjaringan bacabup, serta hasil uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan DPC PKB Jember pada 12 Juni lalu.

Selain Gus Fawait, ada beberapa bakal calon lain yang juga mendaftar di PKB, dua di antaranya adalah calon petahana Hendy Siswanto, serta mantan Bupati Jember Faida.

“Alhamdulillah, malam ini saya kembali menerima rekomendasi atau surat tugas dari Partai Kebangkitan Bangsa. Tentu, rekomendasi ini sebuah hal yang spesial bagi saya. Karena kita tahu, PKB adalah partai yang berbasis santri dan saya sendiri seorang santri, kader pondok pesantren,” kata Gus Fawait.

Anggota DPRD Jawa Timur dari Fraksi Gerindra ini mengungkapkan, rekomendasi itu memiliki nilai tersendiri bagi dia. Sebab, sebagai anak seorang kiai, ia mengibaratkan surat tugas PKB tersebut sebagai restu orang tua kepada anaknya.

“Ini menjadi sebuah kebahagiaan dan penyemangat bagi saya untuk mengabdi di Kabupaten Jember. Surat tugas ini, diserahkan langsung oleh Gus Menteri (Abdul Halim Iskandar), Ketua DPW PKB Jawa Timur,” tuturnya.

Sebelumnya, Gus Fawait juga menerima rekomendasi dari Partai NasDem sebagai Bacabup Jember. Surat itu dikeluarkan pada 12 Juni 2024 dan baru menyebar ke publik akhir pekan kemarin, Sabtu (22/6/2024).

Berdasarkan surat rekomendasi itu, DPP Partai NasDem menyetujui Gus Fawait sebagai Calon Bupati Jember pada Pilkada 2024, berdasarkan mekanisme penjaringan internal.

Selanjutnya, ada dua tugas utama yang harus dituntaskan Gus Fawait bersama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Jember, setelah dikeluarkannya rekomendasi itu.

Pertama, bersama-sama melakukan komunikasi politik dengan partai lain untuk mencari calon pasangan wakil bupati, serta menggelar konsolidasi internal mendukung pencalonan.

Berikutnya, Gus Fawait diwajibkan memenuhi persyaratan pencalonan di KPU Jember dan melaporkan hasilnya kepada DPP NasDem selambat-lambatnya 14 hari sebelum dibukanya pendaftaran. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV