SUARA INDONESIA

Merawat Ingatan Umbul Donga WR Soepratman ke 119 Digelar oleh Kyai Merah Purworejo

Agus Sulistya - 19 March 2022 | 01:03
Sejarah Merawat Ingatan Umbul Donga WR Soepratman ke 119 Digelar oleh Kyai Merah Purworejo

PURWOREJO - Dalam rangkaian peringatan hari lahir Wage Rudolf (WR) Soepratman yang lahir pada 19 Maret 1903 silam di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Pengasuh Majlis Dzikir Nurul Qodiri (MIZINQ Indonesia) Muh Edi Suryanto atau yang akrab dipanggil Kyai Merah bekerjasama dengan Srawung Budaya Nusantara, KM Center dan BG3 menggelar acara Merawat Ingatan Umbul Donga WR Soepratman ke 119 di Hotel Ganesha Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (18/03/2022) malam.

Peringatan tersebut digelar secara menarik karena turut dinyanyikan lirik lagu Indonesia Raya asli hasil ciptaan WR Soepratman dan menampilkan beberapa musisi dan seniman-seniman senior.

Kyai Merah saat ditemui pada sela-sela acara menyampaikan, bahwa peringatan tersebut rutin digelar dalam setiap tahun untuk memperingati hari lahir tokoh pahlawan WR Soepratman.

"Jadi acara seperti ini kiita gelar setiap bulan Maret," ucap Kyai Merah.

Lebih lanjut, Kyai Merah mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengingat para pahlawan supaya generasi muda bisa mentauladani dan mengingat perjuangan para pahlawan.

"Untuk para pemuda dan generasi muda supaya bisa mentauladani perjuangan WR Soepratman, untuk terus melakukan hal kebaikan dan berkarya," katanya.

Tujuan utama kegiatan tersebut supaya semua masyarakat mempunyai rasa memiliki dan untuk mentauladani para pahlawan.

"Mudah-mudahan dengan diadakanya acara seperti ini kedepan para generasi muda akan lebih maju untuk berkarya," ungkapnya.

Kyai merah menjelaskan, dalam kegiatan tersebut dikemas secara budaya yang diikuti oleh perwakilan dari beberapa komunitas seperti GPK, GMPUR, Mahasiswa, Pelajar dan kalangan masyarakat peggiat seni dan budaya.

"Jadi rangkaian acara kami dimulai dari tanggal 1 sampai 30 Maret 2022, makanya kita namai bulan WR Soepratman karena kita mulai dari tanggal 1 hingga 30 Maret itu selalu ada acara," jelas Kyai Merah.

Terlihat hadir dalam acara tersebut Komandan Kodim 0708 Purworejo, Letkol Inf. Lukman Hakim, Plt Dinas Kominfo Purworejo, Sekertaris GP Ansor Kabupaten Purworejo, Tokoh Masyarakat dan beberapa perwakilan komunitas dan paguyuban yang ada di Kabupaten Purworejo.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya