SUARA INDONESIA

Lima Wisata Populer di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Muhammad Nurul Yaqin - 23 October 2021 | 22:10
Wisata Lima Wisata Populer di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

BANYUWANGI- Nama Banyuwangi terdengar sudah tak asing lagi ditelinga kita. Kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini sangat terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan menawan.

Banyuwangi adalah salah satu lokasi yang pantas dipertimbangkan sebagai tempat wisata kalian. Ada banyak sekali tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi bersama teman, pasangan, maupun keluarga.

Berikut lima rekomendasi wisata populer di Banyuwangi yang dapat kalian kunjungi:

1. Kawah Ijen


Kawah Ijen merupakan wisata alam yang sangat populer bahkan mendunia. Wisata ini berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso.

Kawah Ijen berada di ketinggian sekitar 2443 Mdpl. Selain pesona alamnya yang memikat, tempat wisata tersebut memiliki keunikan blue fire atau api biru.

Api biru merupakan fenomena alam yang terjadi saat gas bertemu bertemu dengan oksigen pada suhu tertentu. Warna biru api berasal dari tingginya suhu di kawah tersebut.

Kawah Ijen merupakan salah satu dari dua tempat di dunia yang memiliki fenomena blue fire. Jadi tidak perlu jauh-jauh pergi ke Islandia untuk berburu api biru.

Kawah Ijen merupakan wisata destinasi favorit di Banyuwangi. Kawah seluas 20 kilometer dan dikelilingi dinding kaldera setingga 300-500 meter ini, siap membuat siapapun yang menyaksikannya terperangah kagum.

Meskipun kawah ini seolah menarik wisatawan untuk mendekat, namun kalian tetap harus berhati-hati.

2. Pantai Boom


Pantai Boom kini jadi wisata ikon wisata Banyuwangi. Destinasi ini berada di kawasan pusat kota. Akses yang mudah dan tiket masuk yang tergolong murah menjadikan pantai ini, tempat nongkrong asik bagi semua golongan.

Pantai Boom yang dulunya merupakan pelabuhan ini, dikembangkan oleh PT Pelindo Properti Indonesia hingga menjadi kawasan dan maga kapal pesiar, dan berdiri sejumlah landmark yang ikonik.

Salah satu landmark ikonik yang paling populer untuk berfoto ialah jembatan lintas berbentuk spiral. Jembatan lintas yang dipenuhi dengan sorotan lampu di sekitarnya ini, terlihat megah dan instagramable.

Karena itulah hampir setiap malam jembatan ini selalu dipenuhi pengunjung yang ingin berfoto dengan baground jembatan. 

Keistimewaan lain dari Pantai Boom adalah fasilitas penunjang yang lengkap, seperti privat resort, dan masih banyak lagi.

Cukup mudah menuju untuk menuju Pantai Boom ini, karena posisinya berada di kota dekat dengan Taman Blambangan dan Taman Sritanjung. Lebih tepatnya berada di Jalan Ikan Cucut, Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi.

3. Pantai Cacalan


Banyuwangi memiliki banyak pantai indah salah satunya adalah Pantai Cacalan di Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, dekat dengan Pelabuhan Ketapang.

Di Pantai Cacalan kalian bisa melihat sebuah pulau bernama Santen. Kalian bisa menyewa perahu untuk mengarungi laut mencapai pulau tersebut.  

Ombak disana relatif kecil, kalian bisa berenang di area yang hangat sembari menikmati matahari terbenam. Kalian bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati kuliner seafood dari warung setempat.

4. Pulau Merah


Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata di Banyuwangi yang selalu ramai oleh keluarga yang ingin menikmati keindahan pantai yang eksotis, pemandangan alam yang cantik, serta pasir pantainya yang bersih.

Di pantai ini ada sebuah bukit yang tidak jauh dari bibir pantai yang tanahnya berwarna merah. Bukit ini tertutup pohon dan semak hijau dan hanya terlihat sedikit semburat merah saat senja.

Lokasi Pantai Pulau Merah ini berada di Kecamatan Pesanggaran. Jika kalian ingin menginap, tenang saja karena penginapan sudah banyak tersedia. Beragam kegiatan yang bisa kalian lakukan disini seperti berselancar dan mengabadikan foto. 

Kalian juga bisa menikmati indahnya sunset atau saat matahari terbenam.

5. De Djawatan Benculuk


De Djawatan Benculuk. (Foto: @arthana74).


Wisata alam yang satu ini tak kalah indah. De Djawatan adalah kawasan wisata yang terkenal dengan pohon-pohon yang megah dan indah. Umurnya juga sudah sangat tua, sehingga suasana disana layaknya seperti di hutan negeri dongeng.

Pepohonan disana sangat indah karena rantingnya yang menjulang tinggi disertai lumut yang sudah menggantung di pohon. Menandai pohon ini sudah benar-benar tua, semakin menambah unik pemandangan disana.

Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai tema berfoto dengan alam. Momen baik saat berfoto disini saat pagi atau sore hari. Saat sinar matahari menerobos celah-celah pepohonan, dan sinarnya pun tidak terlalu terik.

Lokasi hutan ini berada di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

Itulah lima wisata populer yang wajib kalian datangi saat berkunjung ke Banyuwangi. (*)


Sumber: Chanel youtube VACATION ID


Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV