SUARA INDONESIA

Jelang Ramadan, Peziarah ke Makam Sunan Bonang Meningkat

Irqam - 21 March 2022 | 19:03
Wisata Jelang Ramadan, Peziarah ke Makam Sunan Bonang Meningkat

TUBAN - Peziarah di makam Sunan Bonang di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, meningkat jelang bulan Ramadan.

Lonjakan peziarah di makam Sunan Bonang ini terhitung sudah sejak satu bulan terakhir, dari bulan Rajab hingga pertengahan bulan Syaban tahun ini.

Catatan dari Yayasan Mabarrot Sunan Bonang peningkatan peziarah mencapai 50 persen hingga 100 persen dibandingkan dengan hari biasa.

"Jelang Ramadan ini peziarah meningkat, setiap harinya mencapai 13 ribu sampai 15 ribu orang. Untuk hari biasa hanya mencapai 7 ribu," kata Sekretaris Yayasan Mabarrot Sunan Bonang Hidayaturahman, Senin (21/3/2022).

Gus Dayat sapaan akrabnya ini menyebut bahwa peziarah di makam Sunan Bonang didominasi dari wilayah Jawa Timur dan sebagian dari luar jawa.

Hal ini menurutnya pihak yayasan harus melakukan pengaturan tempat dan waktu untuk peziarah. 

"Kami melayani peziarah lebih ekstra. Selain itu, peziarah terus diimbau untuk terus menjaga protokol kesehatan," jelasnya.

Gus Dayat menjelaskan, penurunan peziarah akan terjadi pada momen Ramadan, penurunannya bisa mencapai 100 persen.

"Kalau di bulan Ramadan peziarah menurun drastis, kemungkinan lebih fokus pada ibadah puasa," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang peziarah bernama Zubaedah menyampaikan, rutin setiap menjelang Ramadan berziarah ke makam Sunan Bonang.

Ia berangkat bersama rombongan jamaah salawat Nariyah Nurul Hidayah, Sidoarjo, Jawa Timur.

"Untuk mendoakan para Aulia. Kedepannya kita tetap menjadi orang yang terbaik dan tetap iman Islam, mengingat Allah SWT," pungkasnya.

Pewarta : Irqam
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya