SUARA INDONESIA

Inovasi Transportasi Sumenep: Kapal Express Bahari Rute Kepulauan dan Jangkar Resmi Beroperasi

Wildan Mukhlishah Sy - 18 October 2024 | 10:10 - Dibaca 106 kali
Wisata Inovasi Transportasi Sumenep: Kapal Express Bahari Rute Kepulauan dan Jangkar Resmi Beroperasi
Plh Bupati Sumenep Nyai Dewi Khalifah saat meresmikan Kapal Express Bahari rute kepulauan dan Jangkar. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA,SUMENEP- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, kembali menghadirkan inovasi dalam pelayanan transportasi untuk wilayah kepulauan dengan menghadirkan kapal Express Bahari. 

Kapal tersebut resmi beroperasi pada Minggu (13/10/2024) dengan rute pelayaran dari Pelabuhan Kalianget menuju  Pulau Sapudi, Raas, dan Jangkar Situbondo. 

"Kami memang aktif melakukan koordinasi dengan pihak Express Bahari untuk pelayanan perdananya, alhamdulillah upaya itu bisa terealisasi," kata Plh Bupati Sumenep Nyai Dewi Khalifah.

Lebih lanjut Dewi Khalifah mengatakan, kapal yang baru beroperasi itu memiliki kapasitas penumpang hingga 364 orang termasuk fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas.

Melalui fasilitas tersebut, diribya berharap kapal Express Bahari dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang, baik yang hendak pulang atau bepergian.

Tak hanya itu, transportasi laut tersebut juga memberikan layanan gratis bagi penumpang yang memerlukan rujukan medis. Adapun syaratnya cukup dengan melampirkan surat rujukan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) menuju rumah sakit di daratan.

"Untuk memudahkan calon penumpang, pembelian tiket dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Express Bahari Mobile yang tersedia di App Store dan Play Store," lanjutnya.

Dirinya menambahkan, kapal Express Bahari adalah salah satu upaya Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo membangun wilayah kepulauan, memperluas layanan transportasi laut dan mempermudah akses bagi masyarakat setempat.
 
"Itu hasil upaya kami, tentu peran pak bupati untuk melobi semua pihak, semata untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pulau utamanya," tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV