SUARA INDONESIA

Peduli Kesehatan Bumil, STIKES William Booth Surabaya Beri Pelatihan Yoga

Gono Dwi Santoso - 05 September 2023 | 15:09 - Dibaca 811 kali
Advertorial Peduli Kesehatan Bumil, STIKES William Booth Surabaya Beri Pelatihan Yoga
Puluhan ibu hamil di Kelurahan Gunung Anyar, Surabaya mengikuti pelatihan yoga (Foto : Gono/Suaraindonesia.co.id)

SURABAYA, Suaraindonesia.co.id - Dalam rangka peduli kesehatan warga, STIKES William Booth Surabaya menggelar pelatihan yoga diikuti puluhan ibu hamil warga sekitar, Selasa (05/09/2023).

Kegiatan berupa latihan Kombinasi Yoga dan Aromaterapi Lavender (Kombo Yoga Romla) dan deteksi komplikasi ibu hamil dilaksanakan di Kelurahan Gunung Anyar, Surabaya. 

"Kegiatan ini merupakan implementasi hibah pengabdian kepada masyarakat dari Kemendikbud Ristek melalui skema Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) tahun 2023 yang diraih oleh Dosen STIKES William Booth," ungkap Kaprodi DIII Kebidanan STIKES William Booth Surabaya sekaligus Ketua Tim Shinta Wurdiana Rhomadona. 

"Sasarannya ibu hamil di wilayah Gunung Anyar agar dapat meningkatan kualitas tidur dan kesehatan ibu melalui latihan Kombo Yoga Romla," sambungnya. 

Disamping itu, lanjut Shinta, sebagai upaya pendampingan aktivitas fisik ibu hamil serta meningkatkan pengetahuan ibu hamil akan pentingnya pemeriksaan kehamilan dan pemeriksaan laboratorium melalui penyuluhan kesehatan. 

"Harapannya bisa meningkatkan kesehatan ibu hamil melalui pemeriksaan kehamilan dan pemeriksaan laboratorium, sebagai deteksi komplikasi kehamilan sehingga angka kematian ibu (AKI) dapat ditekan," ujarnya. 

Shinta menjelaskan, kegiatan ini dilakukan selama 3 minggu latihan kombinasi yoga dan aroma terapi lavender dengan diajari secara langsung. 

"Kemudian peserta dibagikan buku panduan latihan yoga dan penggunaan aromaterapi lavender," katanya. 

"Semua peserta juga dilakukan pemeriksaan kehamilan, USG, pemeriksaan laboratorium HB, protein urin dan golongan darah serta penyuluhan kesehatan juga, dibantu oleh mahasiswa juga dan bidan praktik mandiri setempat," imbuhnya.

Sementara itu, Diana salah satu peserta ibu hamil mengaku senang mengikuti pelatihan yoga tersebut. 

"Sekarang usia kehamilan sudah 26 Minggu. Dengan mengikuti kegiatan ini perasaan lebih tenang dan lebih rileks. Senang bisa mengikuti kegiatan ini, jadi siap untuk menghadapi proses persalinan," ucapnya.

"Semoga persalinan nanti berjalan dengan lancar," pungkas Diana. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV