SUARA INDONESIA

Komisi IV DPRD Dorong Pengembangan Seni dan Ekonomi Kreatif di Kaltim

Redaksi - 03 November 2023 | 14:11 - Dibaca 602 kali
Advertorial Komisi IV DPRD Dorong Pengembangan Seni dan Ekonomi Kreatif di Kaltim
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Puji Setyowati. (Foto: Alawi/Suaraindonesia.co.id)

SAMARINDA, Suaraindonesia.co.id - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Puji Setyowati, menyebut seniman dan musisi adalah pujaan hati banyak kalangan, terutama generasi muda, berkat bakat dan gaya mereka yang keren. 

Kendati demikian, ia menekankan bahwa peran mereka dalam perkembangan ekonomi kreatif di Kalimantan Timur jauh lebih penting daripada sekadar hiburan.

"Kita bisa lakukan pendekatan yang lebih beragam. Misalnya di mana seniman, musisi, dan pariwisata dapat berperan sebagai faktor utama dalam meningkatkan perekonomian daerah," ujar Puji kepada wartawan, beberapa waktu lalu. 

Puji menyatakan bahwa Kalimantan Timur tidak bisa hanya mengandalkan sumber daya alam seperti batu bara, minyak, dan gas, yang pada akhirnya akan habis. Oleh karena itu, diversifikasi ekonomi menjadi kunci untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Salah satu langkah pertama adalah meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan memanfaatkan potensi ekonomi kreatif, seni, dan pariwisata. Ini melibatkan pembinaan dan pengembangan para seniman, musisi, dan pelaku seni," ungkapnya.

Ia juga menekankan perlunya investasi dalam infrastruktur dan sarana prasarana yang mendukung pertumbuhan sektor ekonomi kreatif ini. "Hal ini tentu akan membantu menciptakan lapangan kerja, mempromosikan pariwisata, dan membantu perekonomian daerah secara keseluruhan," ujar Puji.

"Dengan demikian, seniman, musisi, dan para pelaku seni memiliki peran yang lebih besar daripada sekadar hiburan, mereka adalah penggerak penting dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan keberlanjutan ekonomi di Kalimantan Timur," tandasnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV