SUARA INDONESIA

Ratusan Siswa MTSN Samarinda Belajar Kepemimpinan di DPRD Kaltim

Redaksi - 08 November 2023 | 14:11 - Dibaca 414 kali
Advertorial Ratusan Siswa MTSN Samarinda Belajar Kepemimpinan di DPRD Kaltim
Pertukaran cinderamata antara DPRD Kaltim dengan MTs Negeri Samarinda. (Foto: Alawi/Suaraindonesia.co.id)

SAMARINDA, Suaraindonesia.co.id - Sebanyak 350 siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Samarinda mendatangi kantor DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (08/11/2023). 

Kedatangan mereka dalam rangka belajar kepemimpinan sebagai upaya untuk memahami lebih dalam tentang suara demokrasi. Disamping itu, bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Dalam kunjungannya, para pelajar diberikan pemahaman tentang motivasi kepemimpinan dan kiat serta tantangan menjadi pemimpin oleh Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati, dan Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Fitri Maisyaroh.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Fitri Maisyaroh mengapresiasi langkah MTs Negeri Samarinda dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kualitas tinggi, cerdas, kompeten, serta karakter yang baik. 

"Saya pikir ini adalah langkah strategis untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin masa depan. Mereka dipersiapkan bukan hanya dalam hal pengetahuan, tetapi juga dalam hal kepekaan sosial untuk menghadapi perubahan di era digitalisasi, serta dalam membangun karakter bagi anak didik," ujarnya. 

Fitri menambahkan, kunjungan ini juga merupakan bentuk partisipasi aktif pelajar dalam mengawasi kinerja DPRD Kaltim.

"Kami berharap kunjungan ini akan membantu para pelajar memahami kerja kami di sini, bagaimana kami merumuskan kebijakan, dan bagaimana kami mengawal pembangunan di Kaltim," katanya. 

"Kami juga mengundang masukan dan kritik dari pelajar, karena mereka adalah generasi penerus bangsa," sambungnya.

Sementara Kepala MTs Negeri Samarinda Misbakhus Sururi menjelaskan, bahwa kegiatan ini adalah bagian dari pembelajaran P5 yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung di luar lingkungan sekolah kepada para pelajar.

"Dengan demikian, kami ingin memastikan bahwa ketika para siswa terjun ke masyarakat, mereka sudah memiliki pengalaman dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari, bahkan mungkin telah mempelajari cara menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungan kita," ungkapnya.

Kunjungan berkesan ini ditutup dengan pertukaran cinderamata antara DPRD Kaltim dengan MTs Negeri Samarinda, memperkuat hubungan yang telah terjalin antara kedua lembaga tersebut. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV