SUARA INDONESIA

Bupati Trenggalek Tinjau Pembangunan Jalan Simpang Lima Pule

Rudi Yuni - 13 November 2023 | 14:11 - Dibaca 1.54k kali
Advertorial Bupati Trenggalek Tinjau Pembangunan Jalan Simpang Lima Pule
Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin saat melaksanakan peninjauan pembangunan Jalan Simpang Lima Pule. (Foto: Rudi/Suaraindonesia.co.id)

TRENGGALEK, SUARA INDONESIA - Dalam rangka memastikan pembangunan jalan di Simpang Lima Kasrepan - Sukokidul, Kecamatan Pule telah sesuai harapan masyarakat, Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin bersama Kepala Dinas PUPR Ramelan terjun langsung melakukan peninjauan, Senin (13/11/2023).

Selain ruas jalan Simpang Lima Kasrepan - Sukokidul, Bupati juga meninjau ruas jalan Pule - Bangunsari  yang rencananya juga mendapatkan alokasi anggaran untuk peningkatan jalan di akhir tahun 2023 ini.

"Sebenarnya pemerintah kabupaten telah mengucurkan sejumlah anggaran untuk perbaikan beberapa ruas jalan," kata Gus Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek ini. 

Bupati menyampaikan, pembangunan di Kecamatan Pule dianggarkan melalui Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk ruas jalan Puyung - Sidomulyo. Sedangkan untuk ruas jalan Pule - Bangunsari dianggarkan melalui dana PAK.

Namun, ungkap Bupati, di tahun 2022 kemarin skema DAK dihapus oleh pemerintah pusat dan digantikan dengan Inpres. Dengan begitu pembangunan ruas jalan ini tidak dapat dilaksanakan, karena tidak ada anggarannya.

"Hari ini saya jalan-jalan melihat beberapa pembangunan yang tadi sudah selesai dibangun dari Simpang 5 Kasrepan ke arah Desa Sukokidul Pule", ucap Gus Ipin.

Kemudian Bupati juga melihat ruas jalan Pule - Bangunsari yang mengalami kerusakan. "Sebenarnya ini telah dianggarkan DAK, tapi karena nomenklatur DAK itu dihapus diganti dengan Inpres tahun yang lalu. Kemudian anggaran kita yang PEN tidak masuk kesini," paparnya.

"Akhirnya ini nanti akan kita dahulukan terlebih dahulu. Jadi telah kita siapkan anggarannya dan ini tadi kita check, sekaligus teman-teman perencanaan dari PUPR melihat langsung di lapangan," imbuhnya.

Sementara Ramelan selaku Kepala Dinas PUPR Trenggalek menyampaikan, ruas jalan Simpang 5 Kasrepan - Sukokidul menelan anggaran kurang lebih sebesar Rp 2 miliar yang bersumber dari APBD Trenggalek tahun 2023. Anggaran itu menangani jalan sepanjang  kurang lebih 1,3 km.

"Kemudian untuk ruas jalan Pule - Bangunsari dialokasikan anggaran Rp 400 juta untuk penanganan jalan sekitar 400 meter. Ada 400 meter jalan yang dikerjakan ini dalam satu ruas jalan yang terbagi dalam 3 titik," kata Remelan.

"Titik pertama 120 meter, titik kedua 50 meter di sekitar SD Pakel 1 kemudian titik terakhir di Polindes sepanjang 122 meter", pungkasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV