SUARA INDONESIA

Legislator Gerindra Dorong Peningkatan Desa Wisata di Kaltim

Redaksi - 10 November 2023 | 12:11 - Dibaca 378 kali
Advertorial Legislator Gerindra Dorong Peningkatan Desa Wisata di Kaltim
Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur dari Fraksi Gerindra, Bagus Susetyo. (Foto: Alawi/Suaraindonesia.co.id)

BALIKPAPAN, SUARA INDONESIA - Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur dari Fraksi Gerindra, Bagus Susetyo mendorong peningkatan kapasitas dan ekonomi kreatif dalam pengelolaan desa wisata Kaltim. 

"Desa wisata bisa menjadi kontributor penting bagi perekonomian daerah dan masyarakat, khususnya di masa sulit seperti sekarang. Sehingga kita harus terus mengembangkan dan mempromosikan desa wisata di Kaltim," ujarnya usai mengikuti Workshop Peningkatan Kapasitas Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, Jumat (10/11/2023). 

Menurut Bagus, peningkatan kapasitas pelaku ekonomi kreatif sangatlah penting, terutama di masa pasca pandemi Covid-19 yang menuntut adaptasi dan inovasi. 

Sebagai anggota DPRD daerah pemilihan Balikpapan, Bagus berkomitmen untuk mendukung program-program pengembangan desa wisata, termasuk dalam hal anggaran dan regulasi. Ia mendorong sinergi antara pemerintah, legislatif, dan masyarakat untuk memajukan desa wisata di Kalimantan Timur.

Bagus juga menyoroti beberapa Desa Wisata unggulan di Kaltim, seperti Desa Wisata Pela, Desa Wisata Malahing, dan Desa Wisata Teluk Harapan, yang meraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Diketahui, ADWI bertujuan mendorong pengembangan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing global, dan berkelanjutan. Bagus mencontohkan Desa Wisata Pela sebagai model sukses, menawarkan keindahan alam, kekayaan budaya, kerajinan tangan, kuliner khas, dan melibatkan masyarakat dalam pengelolaan potensi pariwisata.

"Kami mengajak pengelola desa wisata untuk terus berinovasi dan mengembangkan potensi pariwisata di desanya," ajak Bagus. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV