SUARA INDONESIA

Ali Hamdi Sambut Hangat Pelajar SD Belajar Demokrasi di DPRD Kaltim

Mohamad Alawi - 16 November 2023 | 15:11 - Dibaca 989 kali
Advertorial Ali Hamdi Sambut Hangat Pelajar SD Belajar Demokrasi di DPRD Kaltim
Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Ali Hamdi (tengah). (Foto: dok DPRD Kaltim)

SAMARINDA, SUARA INDONESIA - Sebanyak 102 siswa/siswi Kelas 5 SD Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara 1 Sangatta mengunjungi Kantor DPRD Kalimantan Timur, Kamis (16/11/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka dan diterima oleh Anggota Komisi III DPRD Kaltim Ali Hamdi. 

Anggota Komisi III DPRD Kaltim Ali Hamdi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar tentang pentingnya demokrasi.

"Demokrasi merupakan salah satu pilar penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, penting bagi para pelajar untuk memahaminya sejak dini," kata ketua Fraksi PKS DPRD Kaltim ini.

Dalam kunjungan tersebut, para pelajar diajak untuk berkeliling Kantor DPRD Kaltim. Mereka juga diberikan penjelasan tentang tugas dan fungsi DPRD.

Selain itu, para pelajar juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada anggota DPRD Kaltim. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah tentang cara memilih wakil rakyat yang baik.

"Cara memilih wakil rakyat yang baik adalah dengan mencari tahu latar belakangnya, visi dan misinya, serta program kerjanya," jawab Ali. 

Para pelajar tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Mereka merasa senang bisa belajar tentang demokrasi langsung dari anggota DPRD Kaltim.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para pelajar tentang demokrasi. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan minat para pelajar untuk terlibat dalam kegiatan politik," ujar Ali.

Kurikulum Merdeka sendiri merupakan kurikulum baru yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2022. Kurikulum ini menekankan pada pengembangan profil pelajar Pancasila.

Sementara Proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. P5 merupakan kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik untuk mempelajari isu-isu penting di sekitar.

P5 dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti penelitian, kegiatan sosial, atau kegiatan lainnya. Tujuan dari P5 adalah untuk mengembangkan keterampilan dan sikap yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV