SUARA INDONESIA

Wakil Ketua DPRD Kaltim Buka Suara Soal 5 Tersangka OTT

Redaksi - 24 November 2023 | 21:11 - Dibaca 277 kali
Advertorial Wakil Ketua DPRD Kaltim Buka Suara Soal 5 Tersangka OTT
Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur, Muhammad Samsun. (Foto: Alawi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SAMARINDA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan dari 11 orang yang ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kalimantan Timur (Kaltim), 5 di antaranya resmi ditetapkan sebagai tersangka. 

OTT dilakukan perihal rasuah dalam pengadaan jalan nasional di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur. 

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur, Muhammad Samsun buka suara terkait hal itu. Ia menyebut itu pelajaran bagi perangkat pemerintahan daerah untuk sadar hukum dan lebih berhati-hati mengelola anggaran.

"Pejabat pemerintahan mesti berkomitmen untuk tidak melakukan tindakan yang melawan hukum, termasuk Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN)," ungkapnya saat ditemui, Jumat (24/11/2023).

Samsun mengatakan segala antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah, sistem pemerintahan, dan sebagainya bertujuan mencegah praktik KKN sudah seringkali disampaikan.

"Semua pranata dan perangkatnya, sistemnya, sudah ada. Dan semua pihak tinggal mengikuti sistem yang sudah ada. Tujuannya, tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran terhadap hukum, termasuk korupsi," tegasnya. 

Kasus OTT di Kabupaten Paser, lanjutnya, bukan tindakan dari KPK yang pertama terjadi di Kalimantan Timur. Pada 2022, KPK juga menangkap Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud, terkait dugaan suap proyek infrastruktur di kabupaten itu.

Legislator daerah pemilihan Kutai Kartanegara ini merasa prihatin kepada para pejabat yang seharusnya memahami aturan main penggunaan anggaran, berikut dampak hukum yang diterima jika melakukan penyelewengan.

"Padahal, kalau kita lihat, Kalimantan Timur itu kaya. Potensi sumber daya alamnya besar. Harusnya bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat, bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompok," jelasnya.

DPRD Kaltim, menurut Samsun, akan selalu mendukung penuh upaya KPK dalam memberantas korupsi, serta mengimbau kepada masyarakat untuk ikut mengawasi dan melaporkan jika ada indikasi korupsi di lingkungan mereka.

"Mari kita bersama-sama menjaga Kalimantan Timur agar bersih dari korupsi," pungkasnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV