SUARA INDONESIA

Wakil Ketua DPRD Kaltim Ajak Mahasiswa Pertanian Unmul Edukasi Petani

Redaksi - 25 November 2023 | 13:11 - Dibaca 489 kali
Advertorial Wakil Ketua DPRD Kaltim Ajak Mahasiswa Pertanian Unmul Edukasi Petani
Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji (kiri) saat menjadi pembicara di acara Agrofest Kaltim 2023. (Foto: Alawi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SAMARINDA - Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji, menjadi pembicara utama dalam Agrofest Kaltim 2023, sebuah acara yang menjadi pelopor dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Kegiatan ini di gelar di Unmul, Sabtu (25/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Seno Aji menyampaikan pentingnya optimisme bagi petani di Kutim untuk mencapai swasembada pangan. 

"Kita harus menanamkan optimistis kepada petani supaya mereka tetap semangat dalam memproduksi pertanian," ungkap Seno, politisi Gerindra ini. 

Seno juga menyampaikan perihal pergeseran fokus petani yang cenderung menjual tanah kepada pengusaha tambang, daripada memanfaatkannya untuk kegiatan pertanian.

"Kami turun ke lapangan setiap hari untuk bertemu petani. Kami ingin melibatkan mahasiswa pertanian Unmul dalam upaya edukasi kepada para petani, melakukan cek lapangan di berbagai daerah, seperti Samarinda, Kukar, dan PPU, untuk mengumpulkan data statistik yang dapat membantu kami melihat tren positif," paparnya. 

Lebih lanjut, Seno juga menyoroti peran mahasiswa pertanian dalam mendukung pertanian modern. Dengan intervensi dan perhatian yang tepat, ia berharap dapat memacu kemajuan petani. "Berdasarkan catatan kami, adanya tren positif dalam nilai tukar petani, yang kini berada di angka 105,8, menunjukkan peningkatan dari angka nasional," katanya.

"Angka nilai tukar petani sudah bagus, ini perlu dipertahankan kalau perlu di tingkatkan lagi," tandasnya.

Agrofest Kaltim 2023 sendiri diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman dengan tujuan utama memperkenalkan bidang pertanian menuju pertanian masyarakat modern ke luas. 

Acara ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mendorong pemahaman dan partisipasi aktif terhadap perkembangan pertanian di Kalimantan Timur. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV