SUARA INDONESIA

Keerom Masuk 4 Kategori Daerah Tertinggal Di Papua

Mustakim Ali - 20 November 2023 | 18:11 - Dibaca 1.07k kali
Advertorial Keerom Masuk 4 Kategori Daerah Tertinggal Di Papua
Wakil Bupati Kabupaten Keerom, Wahfir Kosasih. (doc)

SUARA INDONESIA, KEEROM - Bappeda Provinsi Papua bersama Bappeda Kabupaten Keerom mengadakan Rapat Koordinasi Percepatan pengentasan Provinsi Papua implementasi Strategi Daerah ( STRADA) dan Rencana Aksi Daerah (RAD) yang berlangsung di Hotel Arso Grand, Senin (20/11/2023).

Dalam kegiatan tersebut dibuka oleh Pj. Gubernur Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun melalui Bupati Keerom, Piter Gusbager dan diwakili Wakil Bupati, Wahfir Kosasih. Dan turut hadir Direktur Jenderal Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (Dirjen PPTD), Rafdinal, perwakilan Bappeda Provinsi Papua beserta pihak-pihak terkait lainnya.

Dalam sambutan Pj Gubernur Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun yang dibacakan Wakil Bupati Keerom, Wahfir Kosasih menyampaikan, Provinsi Papua pasca pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB), tinggal terdiri dari 1 Kota dan 8 Kabupaten. 

"Dari 9 kabupaten kota terdapat 4 kabupaten yang dikategorikan daerah tertinggal, diantaranya Kabupaten Keerom, Mamberamo Raya, Waropen dan Kabupaten Supiori," ujar Wakil Bupati, Wahfir Kosasih dalam sambutan Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun.

Dijelaskan, penetapan suatu daerah dikategorikan daerah tertinggal disebabkan oleh 2 faktor yaitu rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan tingginya Persentasi Penduduk Miskin

(PPM). 

 

"Dimana untuk IPM rata rata daerah tertinggal yaitu 58,91 (2019) dan PPM di daerah tertimnggal yaitu rata rata 25,85 % (tahun 2019)," ujarnya.

 

Menurutnya, target capaian IPM rata rata di tahun 2024 yaitu 62,2 - 62,7, dan tingkat kemiskinan yaitu 6,5-7,5 persen.

 

"Untuk data IPM dan PPM daerah tertinggal di Provinsi Papua seperti Kabupaten Keerom, IPM sebesar 66,49, sedangkan PPM sebesar 16 %, Kabupaten Mamberamo Raya, IPM sebesar 52,18 sedangkan PPM sebesar 28,78%, Kabupaten Supiori IPM sebesar 62,72, sedangkan PPM sebesar 37,91% dan Kabupaten Waropen IPM sebesar 65,10, sedangkan PPM sebesar 29, 85 %," ungkapnya.

Dimana dari data tersebut terlihat bahwa Kabupaten Keerom, Kabupaten Supiori, Kabupaten Waropen nilai IPM nya sudah melebihi IPM Nasional. 

"Namun dari keempat kabupaten tersebut angka PPM nya masih tinggi gepnya dibandingkan dengan PPM Nasional. Oleh karena itu saya berharap mari kita bekerja dengan keras dan cerdas, bersinergi dan berkolaborasi dengan semua elemen terkait dengan menghadirkan hati dalam setiap upaya yang kita lakukan untuk mencapai Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera," tegasnya.

Diharapkan lewat Rapat Koordinasi Percepatan pengentasan daerah tertinggal ini dapat menemukan akar permasalahan ketertinggalan dengan tepat dan menghasilkan rumusan strategi akselerasi yang tepat pula guna keluar dari zona ketertinggalan menuju daerah yang maju dan sejahtera.

"Tidak lupa saya sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Keerom untuk segera menyusun STRADA dan RAD sebagai arah dan acuan penetapan program dan kegiatan strategis percepatan pembangunan daerah tertinggal," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV