SUARA INDONESIA

Pemkab Trenggalek Gelar Pasar Murah, Subsidi Bahan Pokok Hingga 50 Persen

Rudi Yuni - 18 March 2024 | 18:03 - Dibaca 384 kali
Advertorial Pemkab Trenggalek Gelar Pasar Murah, Subsidi Bahan Pokok Hingga 50 Persen
Gus Ipin saat turun langsung dalam pelaksanaan pasar murah. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, TRENGGALEK - Untuk menekan angka kenaikan harga dan meringankan beban masyarakat, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar pasar murah dalam kegiatan Safari Ramadhan tahun 2024, 1445 H.

Pasar murah ini menyasar di 14 kecamatan yang ada, dengan komoditas yang dijual 1 paket berisi beras kemasan 5 kg dan minyak goreng kemasan 2 liter bersubsidi yang bersumber dari APBD Kabupaten Trenggalek, Senin (18/3/2024).

“Semoga ini dapat meringankan beban masyarakat sekaligus mengendalikan harga kebutuhan pokok yang dirasa cukup mahal saat ini khususnya harga beras,” ucap Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin.

Gus Ipin sapaan akrabnya juga menjelaskan bahwa langkah ini dilakukan mulai dari pemerintah pusat sampai daerah, tidak lain untuk menstabilkan harga bahan pokok.

Bahkan bisa di lihat kemungkinan besar ini nanti panen raya juga terjadi ketika musim lebaran. Jadi harapannya tidak terjadi kelangkaan bahan pokok khususnya di bahan pangan sehingga nanti harganya pun bisa terkendali.

Sementa itu Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Komindag) Kabupaten Trenggalek, Saniran mengizinkan membawanya dalam kegiatan Safari Ramadhan 1445 H ini Pemerintah Kabupaten Trenggalek juga menggelar pasar murah dalam rangka pengendalian inflasi.

“Pasar murah ini dilaksanakan dalam rangka pengendalian inflasi yang utamanya dalam rangka memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ucap Saniran kepada awak media.

Digabung dengan kegiatan Safari Ramadhan pasar murah bersumber dari anggaran Pemerintah Kabupaten Trenggalek yang bersubsidi. Targetnya sendiri untuk seluruh kecamatan yang ada, 14 kecamatan.

Masing-masing kecamatan mendapat 190 paket sembako yang setiap paketnya berisi 5 kg beras dan 2 liter minyak goreng kemasan. “Dengan adanya pasar murah ini harapannya, satu untuk mengendalikan inflasi yang kedua juga membantu masyarakat, karena harga-harga kebutuhan pokok yang sedang naik terus,” lanjut Saniran.

“Harapannya tentunya inflasi bisa terkendali dan masyarakat terbantu dengan adanya pasar murah ini, meski hanya 2 paket tersebut,” terangnya.

Paling tidak dengan adanya kegiatan ini pemerintah berupaya membantu masyarakatnya untuk meringankan beban terhadap kebutuhan sembako yang terus meningkat.

Dijelaskan oleh Kadis Komindag bahwa harga beras hari ini kalau SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) masih tetap dengan harga Rp 10.900 . Namun harga di luar masih dengan harga berkisar Rp. 14.000 .

Bahkan sampai ada yang Rp 16.000 . Tentunya sangat memberatkan. “Pada paket sembako murah ini pemerintah mensubsidi sekitar 50 persen, satu paket beras kemasan 5 kg dan minyak goreng kemasan 2 liter sebesar Rp 52.000,” tutupnya. (ADV)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV