SUARA INDONESIA

Hadiri Gelar Festival Seni dan Budaya di Cileunyi, Bupati Bandung Dorong Kreativitas Seniman

Sugiyanto - 12 June 2024 | 23:06 - Dibaca 608 kali
Advertorial Hadiri Gelar Festival Seni dan Budaya di Cileunyi, Bupati Bandung Dorong Kreativitas Seniman
Bupati Bandung, Jawa Barat Dadang Supriatna saat menghadiri festival seni dan budaya di Lapangan Soeta Kampung Cikoneng III RT 03/RW 03 Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, BANDUNG - Bupati Bandung, Jawa Barat Dadang Supriatna menghadiri festival seni dan budaya di Lapangan Soeta Kampung Cikoneng III RT 03/RW 03 Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi, Rabu (12/6/2024).

Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini langsung disambut antusias masyarakat dari kalangan seniman dan seniwati serta para pelajar.

Dalam kesempatan itu, kehadiran Bupati juga disambut dengan suguhan pagelaran seni dan budaya yang dimainkan oleh para seniman dan seniwati setempat. Mulai dari seni dan budaya tradisional reak, kuda renggong, benjang, dog dog, celempung dan seni budaya lainnya.

Banyak pihak mengapresiasi kehadiran Bupati Bandung ini karena dinilai peduli dalam melestarikan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Bandung, khususnya di Kecamatan Cileunyi.

Di Kecamatan Cileunyi pun diketahui cukup banyak para seniman dan seniwati yang turut melestarikan dan mempertahankan berbagai seni dan budaya tradisional. 

Untuk itu, Bupati turut mengapresiasi dengan diselenggarakannya festival seni dan budaya yang digelar oleh pelaku seni dan budaya di Kecamatan Cileunyi itu. Terlebih, kegiatan itu kali pertama dilaksanakan. 

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami dari Pemerintah Kabupaten Bandung turut mengapresiasi. Apalagi kegiatan festival seni dan budaya di Kecamatan Cileunyi ini dalam rangka Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung, yang biasa dirayakan di tingkat Kabupaten Bandung setiap tanggal 20 April," ujar Dadang.

"Kami juga mengapresiasi kekompakan masyarakat disini. Seni dan budaya ini patut untuk dimulule oleh kita sendiri, sebagai generasi penerus bangsa," tandasnya.

Kang DS sapaan akrab Dadang Supriatna ini lantas mendorong Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung untuk terus berkolaborasi dengan Paseban dalam upaya melestarikan seni dan budaya di Kabupaten Bandung. 

"Dengan harapan seni dan budaya di Kabupaten Bandung, khususnya di Cileunyi diakui di tingkat lokal, regional, nasional bahkan tingkat internasional," katanya.

Kang DS dalam kesempatan itu mendorong kreativitas para seniman dan seniwati dalam menampilkan berbagai potensi seni dan budaya di Kabupaten Bandung. "Dengan harapan para seniman dan seniwati bisa tampil secara maksimal. Sebab tanpa dibarengi dengan itu tidak akan sempurna, ujarnya.

Dia melanjutkan, dalam menghadapi Indonesia Emas 2045 mendatang, masyarakat, khususnya para seniman dan seniwati diikutsertakan dalam upaya peningkatan sumber daya manusia yang profesional dan paham IT (Informasi dan Teknologi).

Kang DS mengutarakan, bahwa para seniman dan seniwati perlu diperhatikan dalam konteks peningkatan sumber daya manusia. "Dengan harapan profesi mereka bisa dinikmati dan dirasakan langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat," harapnya.

Di sela-sela kesempatannya, Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung ini juga sudah memberikan perhatian khusus kepada para seniman dan seniwati, yaitu dalam pemberian bantuan paket sembako dalam upaya pemulihan pasca pandemi Covid-19 silam. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Sugiyanto
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV