SUARA INDONESIA

Persiapan Pilkada 2024, Kader Partai Golkar Gandeng Bakesbangpol Situbondo Kaji Banding ke Bali

Syamsuri - 01 July 2024 | 11:07 - Dibaca 1.40k kali
Advertorial Persiapan Pilkada 2024, Kader Partai Golkar Gandeng Bakesbangpol Situbondo Kaji Banding ke Bali
Menjelang Pilkada Serantak 2024 Kader Partai Golkar Gandeng Bakesbangpol Situbondo Saat sosialisasi Melakukan Kaji Banding ke Bakesbangpol Buleleng Provinsi Bali (Foto : Baihakki Bakesbanbgpol Situbondo)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Anggota DPRD dan kader Partai Golkar menggandeng Bakesbangpol Situbondo melakukan kaji banding ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Buleleng, Provinsi Bali.

Kaji banding ini dilaksanakan selama tiga hari dimulai tanggal 24-26 Juni 2024. Adapun kegiatan dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan pada Bakesbangpol Situbondo Tahun 2024.

Kepala Bakesbangpol Situbondo Buchari, mengatakan, kaji banding ini bertujuan sebagai penguatan kelembagaan, serta untuk menambah wawasan, khususnya pada Bidang Politik Dalam.

"Selain itu mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2024 yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang," ujar Buchari, Senin (1/7/2024).

Dalam kunjungan tersebut, rombongan diterima langsung oleh Kepala Badan beserta Pejabat Struktural dan Fungsional dari Bakesbangpol Buleleng Provinsi Bali.

Diharapkan melalui kaji banding ini, bisa saling bertukar informasi, pikiran dan pengalaman. Sehingga menjadi penguatan masing-masing kelembagaan Bakesbangpol, baik Bakesbangpol Situbondo maupun Buleleng Provinsi Bali.

Sementara Siti Fatimah selaku Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Bakesbangpol Situbondo menyampaikan, dalam kaji banding tersebut, banyak menanyakan persiapan yang dilakukan Bakesbangpol Kabupaten Buleleng dalam menghadapi Pilkada serentak yang akan datang, serta proses hitung cepat yang dilakukan pada pelaksanaan Pilkada itu.

"Untuk kegiatan kaji banding ke Bakesbangpol Buleleng ini diikuti sebanyak 45 rombongan yang terdiri dari 34 konstituen Partai Golkar dan 11 orang dari Bakesbangpol Kabupaten Situbondo," jelasnya. 

Lebih lanjut, Siti mengatakan, kegiatan kaji banding ini merupakan kegiatan yang bersumber dari pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD Situbondo yang diarahkan dalam rangka memantapkan demokrasi pada kehidupan masyarakat. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi kaji banding  peningkatan partisipasi politik masyarakat

"Sebab, pendidikan politik merupakan salah satu upaya yang tepat dalam menyatukan pemahaman masyarakat terhadap politik yang berpedoman pada norma-norma atau kaidah bangsa Indonesia," jelasnya. 

Fatimah sapaan akrab Siti Fatimah ini menambahkan, pendidikan politik merupakan suatu upaya edukatif yang intensional dan sistematis untuk membentuk insan masyarakat yang sadar politik, dan mampu menjadi pelaku politik yang bertanggungjawab secara etis atau moril yang dalam prosesnya melibatkan semua golongan. 

"Sehubungan dengan kegiatan sosialisasi kaji banding ini, kami telah meminta  kepada bakesbangpol Buleleng Provinsi Bali untuk memberikan masukan, saran, dan pendapat sehingga dapat kami jadikan sebagai bekal atau pedoman dalam melaksanakan kegiatan Bakesbangpol Kabupaten Situbondo," terangnya. 

Dia melanjutkan, kaji banding ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan fungsi partai politik untuk berpartisipasi dalam pembangunan. "Tentu kaji banding ini sebagai motivasi untuk meningkatkan kinerja dan program pengurus Parpol dalam menjalankan tugas dan fungsi kerjanya," ungkap Fatimah.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Golkar Heroe Sugihartono mengatakan, masyarakat Situbondo harus mendapatkan edukasi pemahaman berpolitik yang baik dan benar. Untuk itu, kegiatan sosialisasi kaji banding pendidikan politik masyarakat sangat penting dilakukan.

"Hal ini kita lakukan karena ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama dalam memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat untuk membentuk kedewasaan masyarakat dalam berpolitik dan meningkatkan kemandirian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," jelasnya. 

Selain itu, lanjut Heroe konstituen ini melakukan kaji banding ke Bakesbangpol Buleleng Provinsi Bali ini juga bertujuan ingin mengadopsi tata cara pengelolaan bantuan keuangan  partai politik.

"Harapan kita jangan sampai teman-teman Parpol di Situbondo ini dalam mengelola keuangan ada temuan apalagi harus mengembalikan uang. Jadi kita belajar disini bagaimana cara peng-SPJ-an yang benar agar tidak menjadi temuan dari BPK," kata Heroe. 

Dalam kunjungannya, semua Kader Golkar dan konstituen yang ikut sekaligus juga bertanya mengenai kesiapan Bakesbangpol Buleleng untuk  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 termasuk penganggaran dan pengamanannya seperti apa nantinya. 

"Alhamdulilah teman-teman kami dari partai Golkar dan kader Golkar diterima dengan baik, kita dapat ilmu. Dan memang waktunya sangat terbatas mungkin bisa berkomunikasi lewat media Wa dan email. Kesimpulannya Bakesbangpol sangat luar biasa. APBD-nya sangat besar sehingga bisa leluasa untuk menganggarkan kegiatan yang ada," ucapnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV