SUARA INDONESIA

IHC RS Djatiroto Launching Layanan RTW, Sinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan

Redaksi - 03 October 2024 | 10:10 - Dibaca 312 kali
Advertorial IHC RS Djatiroto Launching Layanan RTW, Sinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan
IHC Rumah Sakit Djatiroto, Peresmian dan Lounching Layanan Program RTW di Warung Apung Pondok Asri, Kabupaten Lumajang. (Foto: BPJS Ketenagakerjaan untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JEMBER - IHC Rumah Sakit Djatiroto, bekerjasama dengan Disnakertrans dan BPJS Ketenagakerjaan, gelar acara Peresmian dan Lounching Layanan Program Return To Work, di Warung Apung Pondok Asri, Jalan Soekarno Hatta, Sukodono, Kabupaten Lumajang.

Kegiatan dengan tema “Bersinergi Mewujudkan Tenaga Kerja yang Paripurna dan Komprehensif dalam Program Jaminan Kecelakaan Kerja-Return To Work (JKK-RTW) ini diikuti 50 perusahan yang ada di Kabupaten Lumajang.

Direktur PT. Nusantara Sebelas Medika, dr. Sunardjo, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat serta pengusaha mengenai pentingnya program JKK-RTW bagi tenaga kerja. 

“Program ini sangat penting untuk memastikan hak-hak pekerja yang mengalami kecelakaan kerja dapat dipenuhi, serta membantu mereka kembali bekerja dengan aman dan produktif," ujarnya.

Acara ini juga dihadiri beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Lubna Anwar Sadat, dan Sugeng Widodo selaku Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Jawa Timur.

Adapun narasumber lainnya, Qurrotu Ayunin Nimah, Manager Kasus BPJSTK, yang menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak dalam mendukung program layanan RTW ini. 

"Dengan sinergi antara rumah sakit, BPJS Ketenagakerjaan dan pemerintahan, kita bisa menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan mempercepat proses pemulihan bagi pekerja, sehingga bisa produktif kembali," kata Ayunin.

Disnakertrans Kabupaten Lumajang yang diwakili oleh Cipto Sujarwo, dalam sambutannya menyampaikan, RS Djatiroto lebih cepat berkembang dan maksimal dalam pelayanan. keterkaitan dengan Dinas Tenaga Kerja. "Kami harap hak-hak dan kewajiban dari karyawan juga diperhatikan agar RS Djatiroto bisa lebih maju lagi tekhnologinya,” kata Cipto.

Sugeng Widodo selaku Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Propinsi Jawa Timur, memberikan penjelasan mengenai regulasi dan kebijakan yang mendukung implementasi JKK-RTW. Ia mengajak para pengusaha untuk berperan aktif dalam menerapkan program ini demi kesejahteraan tenaga kerja.

Salah satu peserta yang hadir menyampaikan apresiasi terhadap lounching RTW ini. “Saya merasa sangat terbantu dengan adanya informasi ini. Sekarang saya mengerti betapa pentingnya program JKK-RTW bagi pekerja dan keluarga kami,” ungkapnya.

Melalui peresmian dan launching program layanan Return To Work ini diharapkan para pengusaha dan pekerja dapat lebih memahami dan memanfaatkan program JKK-RTW, sehingga tercipta lingkungan kerja yang aman, produktif, dan berkeadilan.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab. Para peserta tampak sangat antusias untuk memperdalam pemahaman akan program ini. Sebuah langkah penting untuk mewujudkan tenaga kerja yang paripurna dan komprehensif di Kabupaten Lumajang.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jember Dadang Komarudin mengatakan, program ini memberikan layanan untuk tenaga kerja yang mengalami kecelakaan dalam bekerja hingga menyebabkan hilangnya fungsi anatomi tubuh.

Hilangnya fungsi anatomi tubuh itu apakah perlu alat bantu atau harus diganti, lanjut Dadang, merupakan suatu tujuan dari program Return to Work (RTW) ini.

“Program ini tidak ada batasan dalam penanganan. Segala bentuk kecelakaan kerja dari yang ringan hingga yang berat penanganannya," tutupnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV