SUARA INDONESIA

Gebyar Seni dan Budaya di Banjar Mlati Surabaya Mampu Dongkrak UMKM

Lukman Hadi - 13 November 2022 | 14:11 - Dibaca 1.29k kali
Budaya Gebyar Seni dan Budaya di Banjar Mlati Surabaya Mampu Dongkrak UMKM
Gebyar Seni dan Budaya di Banjar Mlati Surabaya Mampu Dongkrak UMKM.

SURABAYA - Anggota DPRD Surabaya, John Thamrun mensupport rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan di Pedukuhan Banjar Melati, Kelurahan Jeruk, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya.

Dalam peringatan tersebut, warga setempat menggelar gebyar seni dan budaya. Acara tersebut diselenggarakan untuk mempertahankan budaya lokal yang ada di Surabaya.

John Thamrun menyampaikan, pagelaran seni budaya ini untuk mempertahankan seni tradisional dan adat di wilayah Lakarsantri.

"Mengingat modernisasi makin menggerus dan itu akan menghilangkan ciri khas budaya yang ada di Surabaya," ujar John, Minggu (13/11/2022).

Ia mengatakan, supaya budaya tidak hilang maka kegiatan seni budaya ini harus dipertahankan dengan cara mengadakan kegiatan seperti ini.

"Harapannya adalah Kota Surabaya bukan hanya perekonomian, bukan hanya kota modern, bukan hanya kota maju, tapi juga kota maju yang berkesan dan berkebudayaan," ungkap Politisi PDIP ini.

Dengan sering diadakannya acara seperti ini, kata John Thamrun, maka bisa membantu geliat perekonomian, karena selalu melibatkan pelaku UMKM setempat.

"Ini juga merupakan untuk mendukung apa yang disampaikan oleh pak wali kota dan Presiden Joko Widodo bahwa pondasi perekonomian Indonesia yakni di UKM dan UMKM, tadi malam kita ada 28 stand dan habis semua. Ini merupakan satu gerak perekonomian lokal," pungkas Anggota Komisi B ini.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua RW 03 Banjar Melati, Hadi Kusno, yang mana ia berharap acara seni budaya bisa terus terselenggara sehingga bisa membangkitkan UMKM di wilayah tersebut.

"Inginnya ke depan acara seperti ini bisa terus terselenggara, karena dengan acara ini UMKM sangat rame dan saya turut senang," harapnya.

Selain itu, Ketua Forum Pelestari Budaya Galuh Jinawai, Achmat Choiri mengatakan, terbentuknya forum ini didasari atas kesadaran pemuda-pemudi untuk menjaga budaya lokal yang ada di Pedukuhan Banjar Mlati.

"Kita bersama Karang Taruna, Tokoh Budaya, Tokoh Agama selalu komunikasi untuk merawat kearifan lokal di wilayah sini," sebutnya.

Seluruh rangkaian acara ini dilakukan oleh Forum Pelestari Budaya Galuh Jinawi, Karang Taruna dan RW 03 Banjar Melati itu menyuguhkan penampilan seni barongsai, seni reog, seni tari, baca puisi, seni drama, fashion show nuansa budaya seni lukis dan ditutup dengan jalan sehat pada Minggu (13/11/2022) pagi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV