SUARA INDONESIA

Sambut Bulan Ramadan, Pemkab Jombang Adakan Kirab Gunungan Apem

Gono Dwi Santoso - 21 March 2023 | 19:03 - Dibaca 2.51k kali
Budaya Sambut Bulan Ramadan, Pemkab Jombang  Adakan Kirab Gunungan Apem
Suasana Rebutan Gunungan Apem di Alun-alun Kabupaten Jombang sambut Bulan Suci Ramadan, Selasa (21/03/2023).

JOMBANG  - Sambut bulan ramadan, ribuan kue apem diarak mulai dari kantor pemerintah kabupaten (pemkab) Jombang ,hingga alun-alun Jombang dan diberangkatkan langsung oleh Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, Selasa (21/03/2023).

Sebelum di berangkatkan terlebih dahulu, ada iring - iringan pawai musik patrol dari Kecamatan Mojowarno dan diikuti oleh oleh pawai gunungan apem yang di arak menuju alun -  alun Jombang.

Sambil menunggu gunungan apem datang,  pantauan dilokasi,Bupati Jombang ,Hj Mundjidah mendatangi satu persatu stand bazar, yang ada di depan Pendopo Kabupaten Jombang.

Tampak Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab datangi satu persatu dan memborong dagangan peserta  aneka makanan produk UKM makanan tradisional milik peserta di masing-masing stand Kecamatan.

Dalam  konferensi pers nya , Bupati Jombang Hj  Mundjidah Wahab  menyampaikan, sedekah apem ini menunjukkan bahwa akan memasuki bulan ramadan 1444 H akan segera datang dan rutin dilakukan pemerintah Kabupaten Jombang.

"Hal ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat Jombang untuk menahan hawa nafsu dalam menjalankan puasa ramadan," ujarnya pada media.

Bupati Jombang menambahkan, Apem merupakan makanan tradisional yang selalu disajikan saat kegiatan tasyakuran dengan tujuan agar selalu diberikan ampunan oleh Alloh SWT.

"Hal tersebut berkaitan karena Apem diambil dari kata afwun, yang artinya permohonan maaf," jelasnya.

Oleh karena itu, Pemkab Jombang mengadakan kegiatan tumpeng apem dengan harapan agar masyarakat Jombang bisa menjaga kondusifitas saat bulan suci ramadhan. 

"Selalu jaga kondusifitas dalam bulan suci ramadan sehingga tidak sampai terjadi gejolak yang tidak di inginkan," bebernya. 

Selain tumpeng apem, pemkab Jombang juga akan membuka bazar berbagai macam makanan takjil disepanjang jalan Gusdur.

"Nantinya akan ada bazar makanan buka puasa di sepanjang jalan gusdur, masyarakat semua bisa menjual maupun membelinya, semua sudah kita persiapkan," pungkasnya.

Ditemui selesai rebutan gunungan apem, Ema (22) warga Kecamatan Jogoroto , jauh -  jauh datang dan mengikuti acara megengan pemkab Jombang yang di adakan setiap tahunnya dan ada hal unik yaitu berebut gunungan apemnya itu yang saya suka dari acara ini.

" Setiap tahun pasti datang dan ikut berebut apem gunungan . Disamping acara ramai , juga senang karena berebutan apem sebagi syukur menyambut datangnya bulan suci ramadan bulan yang penuh berkah ," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV