SUARA INDONESIA

Banyuwangi Ethno Carnival 2023 Jaring 75 Talenta Berbakat

Muhammad Nurul Yaqin - 15 March 2023 | 13:03 - Dibaca 2.01k kali
Budaya Banyuwangi Ethno Carnival 2023 Jaring 75 Talenta Berbakat
Penampilan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2022. (Istimewa).

BANYUWANGI - Sudah semakin dekat, serangkaian kegiatan dari festival atraksi etnis kelas dunia yaitu Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2023 telah sampai ke tahap audisi untuk talenta muda seluruh Banyuwangi, dengan menjaring 75 muda-mudi berbakat.

Dijelaskan oleh Kepala bidang (Kabid) Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Ainur Rofiq, bawasanya BEC tahun 2023 akan menjaring sebanyak 75 calon peserta BEC di seluruh Banyuwangi dengan melakukan audisi di lima titik yang ditentukan.

"Tahun ini memang dibatasi 75 peserta saja, jadi bila ada peserta yang berbakat dan masuk kedalam semua kriteria, kami langsung berikan tiket lolos," katanya, Rabu (15/3/2023).

Tapi selebihnya, Rofiq melanjutkan, peserta yang ikut audisi namun belum mendapat tiket lolos akan dirapatkan kembali bersama dewan juri untuk bisa memenuhi kuota 75 peserta, setelah pelaksanaan audisi selesai.

"Dewan Juri diambil dari para senior yang berasal dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sendiri, kemudian budayawan Banyuwangi, modeling, pegiat entertaint dan dari juri yang konsen pada desain kostum karnaval," jelasnya.

Adapun audisinya sendiri dilaksanakan selama enam hari, dengan tempat dan tanggal audisi antara lain, Kantor kecamatan Rogojampi yang dilaksanakan pada, Selasa, 14 Maret, hari kedua audisi pada 15 Maret diselenggarakan di Kantor Kecamatan Srono, dilanjutkan audisi hari Kamis, 16 Maret yaitu yang akan digelar di kantor Kecamatan Bangorejo.

Lalu di hari Jumat, 17 Maret audisi akan berlokasi di Kantor Disbudpar Banyuwangi dengan target calon peserta BEC dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perbangkan dan terakhir Hotel.

Dilanjutkan hari Senin, 20 Maret yang masih akan bertempat di kantor Dispar Banyuwangi, namun dengan target calon peserta BEC baik pelajar dan umum dan hari terakhir audisi pada, Selasa 21 Maret akan di agendakan di Kantor Kecamatan Genteng.

Dengan tema 'The Magical Of Ijen Geopark', Kriteria Calon peserta BEC 2023 adalah yang memiliki postur tubuh ideal, punya bakat dasar tari daerah dan peserta bisa memainkan ekspresi saat Catwalk.

"Bukan hanya wajah-wajah lama peserta BEC lalu saja yang bisa ikut audisi, mereka yang belum pernah mengikuti BEC pun boleh mengikuti seleksi," pungkasnya.

Rofiq, juga menambahkan, dengan masuknya event BEC dalam program Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menjadikan rangkaian kegiatan tahunan tersebut menjadi lebih panjang yang bakal digelar selama 6 hari, yang rencananya akan diselenggarakan pada 4 sampai 9 Juli 2023.

"Tema kita tentang Ijen geopark karena bebarengan dengan penetapan Ijen Geopark dalaM UNESCO Global Geopark (UGG)," tukasnya.

Oleh sebab itu dalam rangkaian kegiatan Event BEC 2023 ini akan ada pameran Geopark seluruh Indonesia, kemudian juga akan terselenggara Musyawarah Nasional (Munas) pengelola Geopark se Indonesia. Dilanjutkan pasca event BEC atau H+1 akan ada pula Awarding bagi pemenang peserta BEC, dalam awarding tersebut akan ada konser music BEC sebagai bentuk hiburan bagi penikmat seni dan musik.

"Kami juga berkoordinasi dengan tim Ijen Geopark, bila mana ada dari mereka yang ingin menjadi peserta BEC," imbuh Rofiq. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV