SUARA INDONESIA

Ini Tips Aman Memilih Agen TKI Agar Tak Tertipu

Muhammad Nurul Yaqin - 06 November 2020 | 12:11 - Dibaca 1.66k kali
Ekbis Ini Tips Aman Memilih Agen TKI Agar Tak Tertipu
Ilustrasi pemberangkatan TKI. (Foto: istimewa).

BANYUWANGI - Sebagai calon TKI atau TKW, Anda tentu akan sangat membutuhkan peran dari agen TKI. Agen TKI secara garis besar adalah perusahaan agen yang akan membantu dan memfasilitasi keberangkatan WNI untuk bekerja di luar negeri.

Mengantisipasi masyarakat Banyuwangi yang berniatan bekerja di luar negeri agar tidak tertipu calo. Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Banyuwangi berikan tips kepada masyarakat agar teliti dalam memilih agen saat akan bekerja ke luar negeri.

Koordinator BP2MI Banyuwangi Muhammad Iqbal menerangkan, tips pertama apabila agen atau petugas lapangan resmi Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI), saat menginformasikan dan memberi penawaran penempatan pekerja migran harus menunjukkan bukti kerjasama dengan perusahaan yang ada di luar negeri.

Kemudian, agen tersebut harus terdaftar pada dinas dimana dia beroperasi. Bila terjadi kecacatan data agen tidak akan memaksakan untuk memberangkatkan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI).

"Misalkan ada data yang salah atau yang kurang, agen tersebut tidak akan meminta atau mengajak CPMI untuk merubah data atau melanggar upaya hukum lainya. Kalau ada pihak yang mengajak untuk melanggar upaya hukum seperti itu CPMI wajib berhati-hati," ujarnya, Jumat (6/11/2020).

Ia melanjutkan, guna mengantisipasi agar masyarakat tidak tertipu dan terjebak dalam praktik perdagangan manusia atau trafficking yang tentunya membahayakan masyarakat itu sendiri.

Dikatakannya, Banyuwangi saat ini sebagai kabupaten penyumbang pekerja migran terbesar ke-5 se Jawa Timur. Terlebih dengan letak wilayah yang berdekatan dengan akses bandara Internasional hal ini menjadi sasaran empuk bagi para calo untuk menyelundupkan warga ke luar negeri.

"Banyuwangi dalam jumlah yang sangat besar maka potensi traffickingnya juga sangat besar. Selain Juanda ada juga Bandara I ngurah Rai di Bali yang juga berdekatan dengan Banyuwangi. Peluang trafficking sangat besar," tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV