SUARA INDONESIA

Pemuda di Jombang Budidaya Lobster Air Tawar, Omsetnya Fantastis Puluhan Juta 

Gono Dwi Santoso - 22 October 2022 | 18:10 - Dibaca 4.49k kali
Ekbis Pemuda di Jombang Budidaya Lobster Air Tawar, Omsetnya Fantastis Puluhan Juta 
Ali Pembudidaya Lobster Air Tawar saat panen Lobster di Desa Sidowareg (Foto: Gono/Suaraindonesia)

 JOMBANG - Budidaya lobster air tawar sangat mengiurkan hasilnya.

Bagaimana tidak, ditangan Ali pemuda warga Desa Sidowareg, Kecamatan Ngoro Jombang, Jawa Timur ini, menekuni budidayanya lobster bisa tembus ke luar negeri dengan omsetnya perbulan bisa mencapai 10 jutaan .

Ali menghabiskan waktunya dengan budidaya lobster air tawar.

Kebebetulan saja saat Ali di datangi media ke rumahnya masih sedang melakukan aktivitas membersihkan kolam.

Kolam lobster air tawar Melik Ali terbuat dari semen. Kebetulan di tempatnya ada 11 kolam yang di isi lobster air tawar, mulai dari Lobster indukan, sampai dengan bibit lobster itu semunya ada di sini.

Ali bercerita budidaya lobster air tawar ini sangat mudah serta dibutuhkan kesabaran dan ketekunan, karena hewan lobster sejak awal ditebar di kolam hingga panen dibutuhkan waktu kisaran 3 bulan, baru bisa dilakukan panen. 

" Untuk harga lobster air tawar ini sekarang kisaran di harga 150 ribu per kilogramnya dan kami dapat order 2000 lobster tiap bulan harus dikirim," terangnya kepada media Sabtu (22/10/2022).

Ali mengatakan, pangsa pasar lobster air tawarnya sudah sampai Malaysia, Vietnam, Singapura dan dalam negeri sendiri sampai Batam.

Kata Ali, omzet penjualan per bulan bisa mencapai Rp 10 jutaan sekali panen di kolamnya.

"Banyaknya pesanan, akhirnya Ali mengandeng para petani - petani lobster untuk di ajak membuat koperasi lobster dimana koperasi lobster air tawar tersebut membantu petani mulai dari pembinaan, hingga penjualan lobster air tawar, " tambahnya.

Ali berencana akan membuat rumah makan bersama petani lobster untuk membuat menu olahan khusus lobster karena pangsa pasarnya kelas tertentu untuk lobster air tawar ini buat olahan seperti sea food lobster.

" Sehingga budidaya petani lobster tersebut bisa kami tampung untuk di bantu di jualkan ," ujarnya .

Untuk budidaya lobster air tawar kata Ali, pembenihannya bisa dilakukan di akuarium, bak plastik, maupun kolam semen.

Ali menjelaskan, budidaya lobster air tawar ini dibutuhkan peralatan pendukung lainnya untuk menunjang keberhasilan pembenihan.

" Peralatan penunjang diantaranya lubang persembunyian (pipa paralon, potongan bambu, genteng, ijuk, atau tali rapia) dan aerator sebagai pemasok oksigen dan menjaga kualitas air,” terangnya.

Ali menambahkan, sumber air yang bisa digunakan untuk memelihara lobster air tawar adalah air tanah, air PAM dan air sungai.


Katanya, untuk penggunaan air tanah, sebaiknya diendapkan terlebih dahulu selama 24 jam agar kadar oksigen yang terlarut di dalamnya meningkat, tambahnya.

"Budidaya lobster air tawar ini pasarannya sangat luas banyaknya permintaan pasar membuat pembudidaya kebanjiran order pesanan mulai dari luar negeri hingga domestik , "pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV