SUARA INDONESIA

Telaten dan Sabar Kunci Sukses Pembudidaya Anggrek di Jombang

Gono Dwi Santoso - 14 January 2023 | 18:01 - Dibaca 2.61k kali
Ekbis Telaten dan Sabar Kunci Sukses Pembudidaya Anggrek di Jombang
Ahmad Basori (37) saat melihat pertumbuhan bunga anggrek di green house di desa kayangan kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, Sabtu (14/01/2023).

JOMBANG - Berawal dari hobi bunga anggrek, kini Ahmad Basori (37) sukses berbudidaya bunga anggrek dirumahnya yang ada di Desa Kayangan, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang dengan budidaya bunga anggrek tiap bulan untung jutaan rupiah, Sabtu (14/01/2023).

Ditemui saat bersih green house di samping rumahnya, Ahmad Basori (37) menceritakan awal budidaya tanaman hias ini sampai beromzet jutaan perbulannya.

Ditempatnya Basori punya green house dengan koleksi bunga anggrek, tetapi juga jenis tanaman lainnya yang ia budidaya di rumahnya.

"Ide awal untuk membudidayakan bunga anggrek ini berawal dari kecintaan kepada bunga anggrek. Kemudian saya mengembangkan di lahan seluas kurang lebih 200 meter persegi ini," terangnya kepada media.

Basori menjelaskan, untuk membudidayakan bunga anggrek harus membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Adapun jenis tanaman yang dibudidayakan antara lain anggrek dendrobium, vanda, cattleya, dan anggrek bulan.

Sedangkan untuk harga mulai Rp 20 ribu hingga jutaan. Bahkan, anggrek-anggrek milik Basori telah terdistribusi ke sejumlah kota di Indonesia seperti Mojokerto, Malang, kota Batu, Madiun serta Semarang.

"Bunga anggrek hasil budidaya ini saya kirim ke sejumlah penjual bunga di sejumlah kota di Indonesia. Untuk keuntungan per bulan bisa mencapai jutaan rupiah dari budidaya tanaman bunga anggrek ini," lugasnya.

Ditemui saat membeli bunga anggrek, Syaiful mengaku dirinya rela datang ke green house milik Basori karena memang menyukai anggrek sejak dulu. Menurutnya, selain cantik, bunga anggrek sangat cocok ditaruh di halaman bahkan dalam rumah.

"Tanaman bunga anggrek ini menarik kalau dipandang warnanya khas , serta tidak menimbulkan kerontokan daun sehingga saya sangat suka dan senang bunga anggrek selain untuk koleksi juga untuk di buat hiasan dirumah," pungkasnya.

 

 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV